• Selamat malam dokter.
    Anak saya perempuan usia 6 1/2 tahun. Jari tengahnya tiba-tiba bengkak dan susah ditekuk. Saya tanya apakah digigit serangga atau semut  katanya tidak. Apa penyebabnya ya dok? Bagaimana cara menyembuhkannya?
    Terima kasih dok.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Penyebab keluhan bengkak sangat banyak sehingga perlu digali informasi secara detai mengenai keluhan ini, mulai dari adakah rasa nyeri yang terjadi, kulit yang memerah dan lain sebagainya. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskan secara detail mengenai keluhan yang terjadi pada anak anda. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyebab keluhan bengkak pada jari antara lain karena:

    1.       Gigitan binatang misalnya tersengat lebah, tergigit semut dan lain sebagainya.

    2.       Radang sendi baik karena penyakit autoimun atau karena sebab lainnya.

    3.       Infeksi pada kulit biasanya terjadi akibat bakteri.

    4.       Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anak anda harus dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara detail. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan. Namun ada beberapa upaya awal yang bisa dilakukan untuk meredakan bengkak antara lain dengan mengompres jari yang bengkak menggunakan es, istirahatkan daerah yang bermasalah, hindari pemijitan pada daerah tersebut dan dapat diberi obat anti inflamasi untuk meredakan bengkak misalnya dengan paracetamol ataupun ibuprofen.

    9 Cara Alami Mengobati Nyeri Radang Sendi Tanpa Obat

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Menyembuhkan Jari Tangan Anak yang Tiba-tiba Bengkak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.