• Hallo Dok, saya hermawan usia 40 tahun sudah kurang lebih hampir 1 tahun, jari dan telapak tangan kiri maupun tangan kanan kesemutan/mati rasa/baal-tebal khususnya di jari tengah, jari manis dan jari kelingking sedangkan jari jempol maupun telunjuk normal baik tangan kiri maupun kanan dan menjalar sampai ke telapak tangan, saya sudah mengkonsumsi b12 neurobion tapi masih tidak membaik juga. Pertanyaan saya :

    Apakah ini penyakit canal tunnel sindrom / cts, tetapi dari internet, menyerang jari jempol, jari telunjuk dan jari jari tengah, sedangkan yang saya alami jempol dan telunjuk normal? penyakit apakah yang diderita oleh saya?

    Adakah obat untuk penyakit kesemutan terus menerus, kalau boleh tahu dapat diinformasikan ke saya dan apakah disuntik bisa untuk menghilangkan kesemutan terus menerus ini dengan seketika?

    Apakah ada syaraf terjepit, sebagian akupuntur mengatakan terjadi syaraf terkepit di daerah pergelangan tamgaj dekat nadi, apakah boleh dilakukan refleksi atau pemijatan di daerah tersebut?

    Terima kasih atas jawaban dan perhatian dari tim dokter.

    Hermawan

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kesemutan bisa dialami siapa saja baik tua maupun muda. Semua bagian tubuh bisa mengalami keluhan ini namun yang paling sering terjadi pada ekstrimitas baik pada tangan maupun kaki. Kesemutan dalam istilah kedokteran disebut juga dengan parasthesia. Penyebabnya sangat beraneka ragam. Pada kasus yang anda alami dimana kesemutan terjadi pada jari kelingking dan manis biasanya terjadi akibat gangguan saraf ulnaris yang mempersarafi daerah tersebut. Keadaan ini disebut juga sebagai neuritis ulnaris. Penyebabnya bisa karena berbagai macam hal misalnya:

    1. Faktor pekerjaan yang banyak menggunakan tangan terutama bagian jari manis dan kelingking sebagai bagian terberat yang mendapat tekanan bisa menyebabkan neuritis perifer. Contohnya saja akibat mengetik, menggambar, mencuci dengan tangan, memasak dan lain sebagainya. Pekerjaan yang menyebabkan tangan terpapar dengan getaran dalam jangka waktu lama juga bisa menyebabkan keluhan pada tangan.
    2. Penyakit infeksi seperti kusta juga bisa menyebabkan gangguan saraf termasuk saraf ulnaris. Hal ini tergantung pada bagian mana bakteri tersebut menginfeksi dan menimbulkan kerusakan.
    3. Diabetes melitus juga bisa menjadi faktor pencetus terjadinya neuritis. Neuritis bisa terjadi pada bagian mana saja, termasuk pada saraf ulnaris.
    4. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan diagnosis keluhan anda maka perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda. Sebaiknya jangan dipijat atau dilakukan tindakan lainnya sebelum dilakukan pemeriksaan dan dipastikan penyebabnya oleh dokter.

    Silakan baca artikel berikut:

    Telapak Tangan dan Kelingking Kiri Kesemutan, Kenapa?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih dok atas jawabanya. Sesuai dengan informasi dari dokter, saya coba cari informasi mengenai neuritis ulnaris ternyata dari informasi dan yang telah dokter jelaskan bahwa hal ini terjadi di jari kelingking dan manis sedangkan saya merasakan di jari tengah, manis dan kelingking, sedangkan jempol dan telunjuk, normal? penyakit apakah hal ini? dan kalau boleh dok, ada obat yang bisa dioleskan atau dimakan, agar dapat sembuh karena sangat menganggu. Terima kasih banyak untuk bantuan dan perhatian dokter.

    Hermawan

Beranda Tanya Dokter Jari Tangan dan Telapak Tangan Kiri dan Kanan Kesemutan Terus Menerus

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.