• delfi

    Selamat malam dok,

    Saya mau konsultasi dokter, 2hari yang lalu saya kepleset ditangga langsung terduduk dan benturannya keras sekali dok cuma saya langsung berdiri, setelah jatuh bokong saya gak bisa duduk normal dan sakit sekali dok memerah, setelah besoknya saya lihat ternyata udah memar biru keunguan dok, dengan pinggang dibelakang, samping kanan-kiri langsung sakit dok, esoknya langsung sakit sekali pinggang smpai batuk pun sakitnya tertarik kepinggang kanan-kiri dok, esoknya memarnya tambah melebar dan lebih keunguan lg dok, ini gimana ya dok memarnya bisa hilang gk dan sedikit bengkak pada bokong yg memar dok, saya takut kenapa2 dok krna sakitnya ke pinggang belakang, kanan kiri juga, mhon solusinya dok.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan nyeri bokong pasca jatuh. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Nyeri pada bokong dan pinggang pasca jatuh seperti yang anda alami bisa terjadi akibat benturan pada tulang dan jaringan lunak sehingga menyebabkan peradangan. Jika benturan tidak terlalu keras maka hanya akan timbul keluhan nyeri dan memar namun jika sangat kuat maka dapat menimbulkan gangguan pada tulang seperti tulang yang retak dan lain sebagainya.

    Memar yang muncul pasca jatuh memang wajar jika lama kelamaan semakin terang warnanya lalu berubah keunguan dan lama kelamaan akan memudar dan menghilang sama sekali. Anda tak perlu khawatir karena memar ini pasti akan menghilang seiring membaiknya kondisi jaringan lunak anda. Biasanya nyeri dan memar bisa hilang dengan sendirinya dalam waktu beberapa minggu hingga bulan.

    • Usahakan bersandar saat duduk sehingga bokong tidak terlalu berat menopang berat badan
    • Duduk di bantal donat sehingga tidak ada penekanan pada tulang bokong yang membuatnya makin nyeri.
    • Beri kompres dingin dan hangat pada area yang nyeri
    • Konsumsi obat penghilang nyeri juga bisa dilakukan misal dengan meminum paracetamol, asam mefenamat, dan lain sebagainya.
    • Fisioterapi

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Jatuh dari Tangga

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.