• Selamat siang dokter. Saya mau konsultasi, sudah banyak sekali cara yang saya lakukan untuk memperbaiki wajah saya dok. Saya hampir kehabisan ide dan sangat kesal sekali. Sekarang jerawat saya sudah menipis, tapi bekas jerawat itu bikin saya gak percaya diri. Di tambah lagi dengan pori pori yang sangat besar dan menyebar, pori-pori tersebut berisi banyak komedo yang sulit dibersihkan. Apakah boleh diangkat dok? Atau saya cari obat penutup pori-pori sebelum dibersihkan? Menurut dokter bagaimana solusinya dan apa yang harus saya lakukan untuk wajah saya?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Jerawat atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai acne vulgaris merupakan salah satu penyakit kulit yang hampir pasti pernah dialami tiap orang. Jenis jerawat mulai dari komedo baik white komedo atau black komedo, papul (berukuran sekitar 0,5 cm), pustul (jerawat berisi nanah), dan lain sebagainya. Penyebab jerawat multifaktorial antara lain karena produksi minyak yang berlebih, pori – pori yang besar sehingga menyebabkan kotoran dan sel kulit mati mudah masuk serta terperangkap, dan adanya bakteri yang menginfeksi. Faktor genetik dan hormonal juga turut berperan serta terhadap munculnya jerawat.

    Komedo yang menumpuk di pori ditambah adanya peran bakteri bisa menyebabkan jerawat yang meradang. Oleh karena itu bisa disarankan untuk melakukan tindakan pengangkatan komedo mulai dari penggunaan masker peel off hingga tindakan ekstraksi komedo. Tindakan ekstraksi komedo harus dilakukan dalam keadaan bersih baik wajah pasien maupun alat yang digunakan harus steril untuk menghindari penyebaran infeksi.

    Jerawat juga kerap menimbulkan gejala sisa mulai dari flek hingga skar. Untuk flek bisa diatasi dengan krim, chemical peeling hingga laser. Sedangkan untuk skar tidak bisa dengan krim. Pengobatan skar tergantung jenis skarnya, salah satunya dengan tindakan laser. Untuk memastikan penanganan terbaik bagi kondisi anda maka silakan periksakan langsung ke dokter kulit.

    Mengenal Jenis-jenis Jerawat Beserta Pengobatannya

    Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tuntas

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Jerawat dan Komedo yang Tak Kunjung Sembuh?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.