• Dok, umur saya 16 tahun, sebelumnya saya belum pernah jerawat sekaligus banyak. Biasanya hanya timbul satu satu saja. sekitar dua minggu yang lalu jerawat timbul dipipi saya (sebelumnya tidak pernah) lalu sekitar seminggu yang lalu jerawat timbul di dahi saya sekali banyak, jerawatnya sakit dan sering membuat sakit kepala. Kebetulan saya telat menstruasi 10 hari. Pertanyaan saya, apa saya baru mengalami yang namanya pubertas dok? Dan bagaimana cara mengatasinya dok? Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Melihat usia anda maka memang anda sedang memasuki masa pubertas. Gejala yang muncul salah satunya berupa keluar jerawat di wajah atau bagian tubuh lainnya. Jerawat atau dalam istilah medis disebut sebagai acne vulgaris dapat berupa komedo baik komedo hitam maupun putih, papul (penonjolan di atas permukaan kulit berukuran < 0,5 cm ), pustula ( gelembung/ penonjolan berisi nanah), nodus (penonjolan di atas permukaan kulit >0,5cm) ataupun gabungan semuanya. Jerawat disebabkan oleh banyak faktor mulai dari hormon yang tak stabil seperti saat puber, faktor genetik, kebersihan wajah yang kurang terjaga, penggunaan kosmetik yang kurang tepat dan lain sebagainya.

    Pengobatan jerawat terdiri dari dua hal yaitu upaya pencegahan munculnya jerawat dan upaya untuk menghilangkan jerawat yang muncul. Tindakan pencegahan berupa diet rendah lemak dan karbohidrat, bersihkan kulit setelah selesai beraktivitas terutama saat anda akan tidur, cukup istirahat, hindari stres, gunakan kosmetik yang sesuai dengan kulit , dan lain sebagainya. Selain itu bisa juga diberikan pengobatan berupa obat topikal (misalnya krim) dan juga obat minum (pada pasien dengan acne berat). Silakan anda periksakan terlebih dahulu ke dokter kulit agar dapat dilakukan pemeriksaan secara detail dan dapat diberikan pengobatan sesuai dengan kondisi anda saat ini.

    Silakan baca artikel berikut:

    Mengenal Jenis-jenis Jerawat Beserta Pengobatannya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terima kasih dok informasinya.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Jerawat di Sekitar Dahi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.