• Dear Dokter,

    saya ingin menanyakan tentang kondisi yang sudah saya alami bertahun2. saya sering mengalami sakit kepala yang tidak tertahankan (painkillers kadang tidak mempan) dan cepat lelah. jika sudah merasa kelelahan, timbulah lebam di kaki dan bengkak yang bertahan sekitar 1 minggu, kadang hidung berdarah sedikit.

    saya sudah berkali2 cek darah, dimana HB saya hanya sekitar 10, trombosit normal, LED juga normal, tetapi kenapa jika berdarah itu sulit berhenti?

    Jika saya sudah merasa lelah, saya juga sulit untuk konsentrasi, hilang nafsu makan, sesak nafas, mual, sakit disekujur badan (seperti akan flu) dan mood swings yang tidak terkontrol. saya juga sering mengalami sariawan, bisul, dan bahkan skin rash yang sambung menyambung terus.

    untuk hasil tes urine, kreatinin dan protein tidak ada keanehan.

    saya juga sudah tes anti DS-DNA, seperti yang pernah dokternya sarankan ke saya, hanya saja hasilnya masih samar. lalu, apakah saya perlu tes gambaran darah tepi?

    semakin lama semakin sering saya begini dok, padahal saya sudah berusaha olah raga dan meminum suplemen vitamin, tetapi tetap semakin sering timbul, yang membuat saya semakin depresi. Kira2, bagaimana pendapat dokter tentang ini?

    Apakah saya benar SLE? lalu adakah solusinya?

    Terima Kasih

    Liv

     

     

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sakit kepala bisa disebabkan oleh banyak hal karena keluhan ini merupakan keluhan umum yang bisa terjadi pada beberapa keadaan. Secara umum ada banyak penyebab keluhan sakit kepala yaitu antara lain adalah:

    1. Tekanan darah yang tidak normal baik tekanan darah tinggi maupun rendah
    2. Penyakit infeksi, mulai dari infeksi di telinga, saluran napas hingga infeksi di bagian otak dan juga batang otak. Penyebabnya juga beraneka ragam mulai dari bakteri, hingga mikroorganisme lainnya.
    3. Tumor atau adanya massa di otak dan area sekitarnya juga bisa menyebabkan keluhan sakit kepala
    4. Penyakit gangguan pembuluh darah misalnya pelebaran pembuluh darah otak hingga adanya sumbatan di otak bisa menjadi penyebab keluhan sakit kepala hebat.
    5. Faktor kekurangan sel darah merah (anemia)
    6. Penyebab lainnya

    Kadar Hb normal pada wanita sekitar 13 hingga 18. Pada pria bisa lebih tinggi. Anemia mungkin menjadi salah satu penyebeb keluhan anda meskipun kemungkinan lainnya bisa sangat banyak. Begitu pula dengan keluhan lebam bisa disebabkan oleh banyak hal. Pemeriksaan yang bisa dilakukan juga sangat banyak salah satunya pemeriksaan waktu pembekuan dan perdarahan serta pemeriksaan lainnya. Sebaiknya memang dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang untuk memastikan penyebab keluhan anda. Terapi tergantung dari penyebab keluhan. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter di daerah anda.

    Hindari! 13 Penyebab Sering Sakit Kepala

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Jika Sakit Kepala Berkepanjangan dan Lebam di Kaki?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.