• Ariasti Antikarini

    selamat petang dokter. dok, beberapa hari ini perut saya sering terasa perih padahal sudah makan bahkan perihnya datang saat masih terasa kenyang. apakah ada kaitnnya dengan kehamilan saya (trimester pertama). bagaimana solusinya? terima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang perut terasa perih. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Perut terasa perih bisa terjadi karena beberapa hal mulai dari rasa lapar yang muncul, hingga karena peningkatan asam lambung. Pada ibu hamil memang rasa lapar akan sering muncul karena kebutuhan nutrisi yang perlu dicukupi adalah untuk 2 orang yakni ibu dan janin. Sedikit saja telat makan biasanya perut ibu akan mulai terasa perih. Namun jika rasa perih mengganggu maka kemungkinan telah terjadi peningkatan asam lambung atau yang paling sering disebut dengan dispepsia.

    Beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya dispepsia antara lain karena faktor telat makan, konsumsi makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan yang terlalu asam, pedas, makanan mengandung kolesterol tinggi, stress dan lain sebagainya.

    Ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi keluhan dispepsia antara lain dengan:

    • Jaga asupan makanan yang dikonsumsi. Makan sebaiknya dalam porsi sedikit namun sering, hindari makanan dan minuman yang mengiritasi lambung (seperti rujak, sambal, mie, kopi, soda dan masih banyak lagi), usahakan tidur dengan posisi bantal yang lebih tinggi, konsumsi air hangat, dll.
    • Rilekskan pikiran karena faktor stress bisa menjadi salah satu faktor pencetus dispepsia.
    • Konsumsi obat – obatan untuk mengatasi dispepsia seperti antasid namun sebaiknya atas persetujuan dokter.

    Ada baiknya anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda jika keluhan dirasa sangat mengganggu.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kaitan Perut Sering Perih dengan Kehamilan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.