• Dok kaki saya keseleo dan terdengar bunyi krek, persendian saya masih bisa digerakkan. Pada kaki saya bengkak dan nyeri. Bagaimana cara terbaik untuk proses penyembuhan ? mohon sarannya. Terimakasih

    Selamat sore.

    Terima atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan kaki keseleo. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan bengkak dan nyeri pada kasus yang anda alami dimana ada riwayat trauma bisa disebabkan oleh beberapa keadaan berikut ini:

    1. Tarikan otot di daerah pergelangan kaki (ankle sprain) yang menyebabkan jaringan lunak di sekitarnya menjadi bengkak, nyeri, kebiruan, dan tampak asimetris.
    2. Dislokasi sendi yakni sendi pada pergelangan kaki. Hal ini juga bisa membuat keluhan seperti yang anda alami.
    3. Fraktur atau patah tulang pada daerah kaki juga bisa menyebabkan hal yang sama.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Pengobatan pun berbeda untuk masing – masing penyebab penyakit.

    Pada kasus ankle sprain atau keseleo, yang bisa dilakukan antara lain mengistirahatkan kaki dari gerakan – gerakan yang berlebihan, kompres es untuk mengurangi bengkak, tindakan kompresi dengan pembalutan menggunakan elastic perban, dan elevasi tungkai.

    Namun berbeda pada kasus fraktur atau patah tulang, perlu dilakukan tindakan pemasangan gips atau tindakan operatif tergantung dari tingkat keparahan dan lain sebagainya. Oleh karena itu silakan periksakan kondisi anda ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Benar Mengobati Keseleo (Terkilir)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kaki Bengkak Akibat Keseleo Bagai Mana Cara Penyembuhan Nya

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.