• yantie

    Hai Dok, 1o bulan yang lalu sy pasang pen di tibia fibula kaki kiri, sebelum nya dokter menyuruh sy sering2 lepas tongkat untuk merangsang pertumbuhan tulang. dikarenakan sering nyeri 2 minggu yg lalu sy kontrol kata dokter nya pen sy retak.

    posisi pen dan tulang alhamdulillah masih lurus sehingga tdk perlu di ganti pen baru dikarenakan pertumbuhan tulang sy lebih pesat dr bulan lalu. tapi yang saya rasakan saat ini, kaki sy terasa sangat pegal disertai nyeri dan terkadang agak bengkak dok  kalau untuk berjalan.dan dokter tdk menyarankan sy full pake tongkat utk beraktifitas krn akan membuat tulang malas. karena sekarang tambh nyeri sy jadi full pakai 1 tongkat lagi :)

    bagian patahan yang paling pinggir tinggal sedikit yang belum terisi dok.

    apakah yg sy alami ini wajar dok? dan apa yang harus sy lakukan dok?.  dokter nya bilang sy disuruh kontrol sebulan skali.dokter hanya memberikan obat nyeri yang boleh diminum 1 hari sekali saja.

    terimakasih atas jawaban nya dok. salam

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bengkak pasca operasi patah tulang. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pada prinsipnya ada beberapa latihan gerak yang dapat dilakukan pasien dengan patah tulang sebelum beraktivitas normal seperti biasanya. Hal ini perlu dilakukan agar gerakan yang dilakukan tidak malah menimbulkan masalah atau membuat cidera lambat untuk sembuh. Berikut adalah beberapa latihan gerak pada pasien patah tulang:

    • Latihan menggerakkan kaki secara pasif : misal gerakkan kaki ke kiri dan ke kanan dengan bantuan tenaga dari luar sehingga kaki yang sakit tidak bergerak sendiri. Jadi tidak ada kontraksi otot atau aktifitas otot pada kaki yang sakit. Semua gerakan harus sampai batas nyeri pasien saja, jangan dipaksa.
    • Latihan menggerakkan kaki secara aktif : gerakan dilakukan oleh anggota gerak tubuh itu sendiri tanpa ada bantuan. Lakukan secara perlahan, usahakan sampai maksimal kaki bisa digerakkan.
    • Latihan melawan tahanan : kaki berusaha melawan tahanan ringan yang diberikan tenaga dari luar.
    • Latihan gerak fungsional: kaki mulai dipersiapkan untuk melakukan gerak/aktivitas seperti biasa misal berdiri, berjalan. Lakukan secara perlahan, jangan dipaksa.

    Pada kasus yang anda alami dimana anda mengalami bengkak pasca operasi penyambungan tulang tibia dan fibula bisa jadi karena anda tidak melakukan tahapan latihan gerak dengan baik sehingga tulang yang belum sembuh itu mendapatkan tekanan terlalu besar dan menimbulkan bengkak. Namun bisa juga yang anda alami akibat kondisi lainnya. Alangkah baiknya jika anda berkonsultasi langsung dengan dokter untuk mendapatkan pemeriksaan secara langsung guna memastikan penyebab kondisi anda saat ini dan mendapatkan penanganan yang tepat.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kaki Bengkak Pasca 10 Bulan Operasi Tibia Fibula

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.