• Assalamualaikum. dok saya ibu 2 anak. kapan hari tidak sengaja murid saya mendorong kursi dan terjatuh. ujung kursi mengenai punggung kaki saya. selang 5 menit kaki saya yang terkena ujung kursi membengkak.

    Karena saya pikir hanya karena efek ketumbuk kursi yang menyebabkan bengkak. tetapi setelah 2 minggu kaki saya masih ada pembengkakan walau enggak besar waktu kejadian tetapi kalau tertindih atau tertekan agak sedikit sakit dan pembengkakan seperti mengeras.

    Apakah saya mengalami retak tulang atau apa ya dok. mohon penjelasannya. terima kasih sebelumnya

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bengkak pada kaki. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan bengkak, membiru/ keunguan serta adanya rasa nyeri pada kaki seperti pada kasus yang anda alami dimana ada riwayat trauma/ benturan benda berat bisa disebabkan oleh beberapa keadaan berikut ini:

    1. Memar pada jaringan lunak seperti lapisan kulit, otot dan jaringan sekitarnya.
    2. Dislokasi sendi yakni sendi pada kaki. Hal ini juga bisa membuat keluhan seperti yang anda alami.
    3. Fraktur atau patah tulang pada daerah kaki juga bisa menyebabkan hal yang sama.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang secara lebih detail.

    Pengobatan pun berbeda untuk masing – masing penyebab penyakit. Pada kasus memar, yang bisa dilakukan antara lain mengistirahatkan kaki dari gerakan – gerakan yang berlebihan, kompres es untuk mengurangi bengkak, tindakan kompresi dengan pembalutan menggunakan elastic perban, dan elevasi tungkai.

    Namun berbeda pada kasus fraktur atau patah tulang, perlu dilakukan tindakan pemasangan bidai atau tindakan operatif tergantung dari tingkat keparahan dan lain sebagainya. Oleh karena itu silakan periksakan kondisi anda ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Benar Mengobati Keseleo (Terkilir)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kaki Bengkak Setelah Kejatohan Kursi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.