• anam37

    Selamat malam dok,

    Saya anna  16 tahun. satu minggu yang lalu saat pulang dari sekolah saya mengendarai sepeda motor, waktu sampai rumah mau parkir motor lewat jalan yang licin karena habis hujan,ban motor saya terpeleset sehingga kaki (kanan) saya reflek untuk langsung menyangga motor agar tidak jatuh.

    Satu minggu kemudian kaki saya sering dingin sebelah (kanan) dibagian pergelangan kaki sakit,saya sudah ke tukang urut tapi tetap enggak sembuh, didalam kaki seperti ada yang pukul”, sering kayak kesemutan di kaki sebelah kanan,buat jalan juga agak sakit kalau enggak pakai kineso tape/typing  jalannya agak susah/pincang,

     

    Mungkin itu yang dapat saya tanyakan mohon bantuannya ? terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan pada kaki pasca terpeleset dengan motor. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pertama – tama yang harus dipastikan pada anda adalah apa yang terjadi pada kaki anda pasca riwayat menahan sepeda motor dengan kaki agar tidak jatuh. Ada beberapa kemungkinan yang terjadi antara lain:

    1. Tarikan otot di daerah pergelangan kaki (ankle sprain) yang menyebabkan jaringan lunak di sekitarnya menjadi bengkak, nyeri, kebiruan, dan tampak asimetris.
    2. Dislokasi sendi yakni sendi pada pergelangan kaki. Hal ini juga bisa membuat keluhan seperti yang anda alami.
    3. Fraktur atau patah tulang pada daerah kaki juga bisa menyebabkan hal yang sama.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Pengobatan pun berbeda untuk masing – masing penyebab penyakit.

    Pada kasus ankle sprain, yang bisa dilakukan antara lain mengistirahatkan kaki dari gerakan – gerakan yang berlebihan, kompres es untuk mengurangi bengkak, tindakan kompresi dengan pembalutan menggunakan elastic perban, dan elevasi tungkai.

    Namun berbeda pada kasus fraktur atau patah tulang, perlu dilakukan tindakan pemasangan gips atau tindakan operatif tergantung dari tingkat keparahan dan lain sebagainya. Oleh karena itu silakan periksakan kondisi anda ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Benar Mengobati Keseleo (Terkilir)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.


    anam37

    Terimakasih dok

     

Beranda Tanya Dokter Kaki Dingin Sebelah dan di Pergelangan Sakit

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.