• Dok, ibu saya paha kanannya sering terasa sakit, terutama ototnya, ini menurut pengakuan beliau. Kakinya paha kanannya juga ada bercak biru-birunya. Pernah tes darah di dokter umum sekali, hasilnya semuanya normal, menurut dokternya itu disebabkan otot dan kegemukan.

    Pertanyaan saya yaitu:

    – apakah ibu saya perlu tes darah lagi?

    – apakah benar ototnya yang bermasalah? Seperti salah urat?

    – apakah ibu saya perlu dipijat urat saja?

    – apakah ada sebab lain yang menyebabkan kaki beliau sakit?

    – apakah ada saran dari dokter?

    – trombosit ibu saya 184, apakah bermasalah?

    Mohon penjelasannya dok, terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri pada paha sebenarnya bisa terjadi karena banyak hal misalnya akibat gangguan pada persarafan (misalnya neuritis), gangguan pada otot (misalnya kram otot), gangguan pada sendi (misal radang sendi atau artritis), hingga gangguan pada tulang. Selain itu masih banyak kemungkinan penyebab lainnya sehingga perlu digali informasi secara detail untuk menentukan kemungkinan penyebabnya. Untuk perlu tidaknya pemeriksaan darah dan jenis pemeriksaan darah apa yang harus dilakukan serta perlunya pemeriksaan penunjang lain maka harus dilakukan pemeriksaan fisik terlebih dahulu oleh dokter. Hal ini dimaksudkan agar pemeriksaan penunjang yang dilakukan tepat untuk kondisi ibu anda.

    Ada baiknya tidak dilakukan pemijatan apalagi jika belum diketahui apa yang menjadi penyebab keluhan ibu anda. Tindakan pemijatan malah seringkali memperberat keluhan. Untuk kadar trombosit ibu anda berada di rentang normal dimana nilai normal trombosit darah adalah 150 ribu hingga 450 ribu.

    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya anda berkonsultasi langsung dengan dokter di daerah anda agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan ibu anda.

    Trombositopenia

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Terimakasih Ibu dr. Dina Tri Amalia atas jawabannya

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Paha Kanan yang Terasa Sakit?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.