• Assalaamualaikum Wr. Wb.

    Saya mengalami benjolan dikelopak mata bagian atas saya, sepertinya mengarah pada kalazion sudah saya alami kurang lebih 4 bulan. Awalnya hanya 1 benjolan tapi setelah 2 bulan bertambah jadi 2 benjolan, untuk yang kedua agak kecil dari yang pertama. Apa yg harus saya lakukan untuk menyembuhkannya selain harus di insisi.

    Terima kasih.

    Selamat Pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang kalazion. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Kalazion merupakan peradangan kronik pada kelopak mata baik atas maupun. Kalazion berupa massa berukuran seperti biji dan tanpa nyeri, yang muncul karena proses peradangan dan sumbatan pada salah satu kelenjar di bagian tepi kelopak mata.

    Pada beberapa pasien, kalazion bisa hilang spontan (dengan sendirinya). Namun pada beberapa kasus lainnya, perlu dilakukan pengobatan terhadap kalazion.

    Kalazion mirip dengan hordeolum (bintitan) namun biasanya lebih kecil dan tidak nyeri. Anda harus berkonsultasi dengan dokter jika mengalami kalazion terutama jika ukurannya cukup besar sehingga menghalangi pandangan anda.

    Pengobatan kalazion bervariasi. Namun pada kebanyakan kasus, kalazion bisa hilang dengan sendirinya. Karena kalazion bukanlah karena infeksi maka pemberian antibiotik tidak membantu.

    Ada beberapa upaya awal yang bisa anda coba lakukan untuk meredakan kalazion seperti mengompres kelopak mata yang mengalami keluhan dengan air hangat beberapa kali dalam sehari selama kurang lebih 10 menit tiap kalinya.

    Namun sebenarnya jika kalazion tidak hilang dengan sendirinya dalam waktu kurang lebih 1 bulan, maka tindakan insisilah yang paling tepat untuk dilakukan. Silakan anda konsultasi dengan dokter spesialis mata untuk penjelasan lebih detail dan sesuai dengan kondisi anda saat ini.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    Kalazion : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kalazion

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.