• Dok saya laki-laki. Umur saya 19 tahun. puting payudara di bagian kiri saya agak sedikit sakit kalau di tekan/pencet. Bentuknya agak berbeda sama yang di kanan.

    Kalau di kanan itu rata tapi kalau di kiri itu seperti kerucut agak membesar sedikit. Di dalam puting sebelah kiri saya itu ada seperti benda tekstur nya kaya sedikit keras diameternya kira kira 2 cm, di bagian kanan juga ada tapi sangat kecil.

    Kesehatan saya tidak ada yang terganggu, normal seperti biasa. Saya takut sekali dok itu adalah kanker payudara. Kata orang dok itu normal jika tubuh kita memasuki tahap dewasa. Saya mohon minta bantuannya dok? Terima kasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang nyeri pada payudara. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Payudara dimiliki oleh tiap orang baik pria maupun wanita. Oleh karena itu tak heran jika banyak pria juga mengalami keluhan pada payudaranya seperti yang dialami wanita misalnya berupa benjolan, nyeri dan lain sebagainya.

    Keluhan nyeri pada payudara bisa disebabkan oleh banyak hal. Keluhan ini bisa disertai adanya benjolan atau massa di payudara dan lain sebagainya. Berikut ini akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan nyeri payudara yaitu  antara lain:

    1. Efek samping penggunaan obat hormonal bisa menyebabkan rasa nyeri di payudara dan juga benjolan di payudara.
    2. Infeksi pada kelenjar payudara atau biasa disebut mastitis. Gejala yang dialami berupa rasa nyeri pada payudara, kemerahan, bengkak dan bisa keluar nanah.
    3. Tumor payudara terutama tumor ganas bisa menyebabkan keluhan nyeri pada payudara. Biasanya disertai benjolan dengan berbagai macam ukuran.
    4. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan konsultasi secara langsung dengan dokter di daerah anda agar bisa dilakukan pemeriksaan secara langsung baik pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna menegakkan diagnosis penyakitnya. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Kanker Payudara – Faktor Risiko dan Penyebab

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    Ok terima kasih dok

Beranda Tanya Dokter Kanker Payudara pada Pria

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.