• Selamat malam dok, Hpht saya 25 april 2017. Sirkulasi menstruasi saya dari bulan Maret ke Bulan April 30 hari. Jadi kapankah masa subur saya dan kapan pula saya mendapatkan menstruasi di Bulan Mei ini?

    Jika bulan Mei saya tidak menstruasi, kapankah saatnya saya cek kehamilan dengan menggunakan tespack? Mohon jawabannya. Terimakasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Masa subur atau waktu ovulasi terjadi 14 hari sebelum haid selanjutnya. Namun hal ini kadang sulit ditentukan pada wanita yang siklus mensnya tak teratur. Oleh karena itu pada wanita dengan siklus mens tidak teratur, sebaiknya diamati siklus mens dalam rentang 6 bulan terakhir. Untuk mengetahui kapan ovulasi bisa ditentukan dengan mengurangi siklus mens terpanjang dengan angka 11 dan mengurangi siklus mens terpendek dengan angka 18. Misal siklus mens terpendek 28 hari, maka masa ovulasinya berkisar di hari ke 10 dan jika siklus mens terpanjang 32 hari maka masa ovulasinya berkisar di hari ke 21. Oleh karena itu pada wanita ini ada baiknya melakukan hubungan seks antara hari ke 10 hingga hari ke 21. Hubungan seks sebaiknya dilakukan teratur dalam 2 – 3 hari sekali untuk meningkatkan kemungkinan kehamilan.

    Pemeriksaan dengan menggunakan tes pack (alat tes kehamilan) sendiri baru bisa menunjukkan hasil akurat jika dilakukan sekitar 2 hari sebelum waktu menstruasi selanjutnya atau 14 hari setelah anda berhubungan badan di masa subur ( waktu ovulasi). Tes pack mulai dapat mendeteksi kadar hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) pada kadar 20 mIU. Hasil tes kehamilan menunjukkan hasil positif jika terdapat dua garis yang nampak pada alat tes tersebut. Garis kedua yang muncul bisa tampak samar atau bisa juga terlihat jelas. Hal ini tergantung dari konsentrasi hormon hCG yang terkandung dalam urine yang diperiksa.

    Membaca Hasil Tespek Positif, Negatif, Samar

    Cara Cepat Hamil Lagi Setelah Keguguran

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kapan Saat untuk Cek Kehamilan dengan Menggunakan Tespek?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.