• Selamat sore dok saya mau tanya..kapan ya kehamilan bisa di deteksi dengan tes urine..februari kemarin saya haid tanggal 24 selesai tanggal 2 maret bulan ini.. tgl 3,4,5,6 saya berhubungan.

    Jika di tanggal itu terjadi pembuahan kapan saya bisa cek tes urine untuk mengetahuinya.. apakah sekarang sekarang sudah dpat terdeteksi.. thx

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kehamilan bisa terjadi jika ada pembuahan pada saat masa ovulasi. Masa ovulasi terjadi sekitar 14 hari sebelum periode haid selanjutnya. Jika anda memiliki siklus haid teratur yakni tiap 28 hari maka masa ovulasi adalah pada hari ke 14 dihitung dari hari pertama haid. Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskan secar detail tentang siklus mens anda. Untuk memastikan apakah anda hamil atau tidak sebenarnya yang paling tepat adalah dengan pemeriksaan USG. Pemeriksaan tes pack bukanlah tanda pasti kehamilan karena tes ini bisa memberikan hasil positif palsu atau negatif palsu. Hasil positif palsu terjadi pada pasien dengan kehamilan di luar kandungan hingga mola hidatidosa (hamil anggur). Hasil negatif palsu terjadi pada wanita hamil yang kadar hormon HCG nya masih sangat rendah pada awal kehamilan.

    Pemeriksaan kehamilan dengan menggunakan tes pack  baru bisa digunakan untuk membantu menentukan kehamilan jika dilakukan sekitar 2 hari sebelum waktu menstruasi selanjutnya atau 14 hari setelah anda berhubungan badan di masa subur ( waktu ovulasi). Ini adalah waktu tercepat anda bisa menggunakan alat tes pack namun kadang juga belum memberikan hasil yang akurat. Tes pack mulai dapat mendeteksi kadar hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) pada kadar 20 mIU.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Membaca Hasil Tespek Positif, Negatif, Samar

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kapan Kehamilan Bisa Terdeteksi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.