• rayhanmhd

    Saya telah melakukan operasi orif 3 minggu yang lalu serta di pasang kawat ,  tetapi saat ini jari saya kaku,  yang ingin saya tanyakan kapan kawat nya di lepas? karena saya merasa sakit pada jari kelingking,  jika anda butuh foto ronsen maka akan saya kirim kan.  Terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan patah tulang dan penyembuhannya. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Patah tulang didefinisikan sebagai terputusnya kontinuitas tulang dengan atau tanpa pergeseran segmen yang patah. Patah tulang dalam istilah kedokteran disebut juga dengan fraktur.

    Ada beberapa tipe fraktur dan dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu antara lain berdasarkan garis patahannya (fraktur simple, fraktur kominutif dan sebagainya), berdasarkan jaringan di sekitarnya (terbagi menjadi fraktur terbuka dan fraktur tertutup), dan klasifikasi fraktur lainnya.

    Penyebab patah tulang sangat beraneka ragam, yang paling sering karena trauma atau benturan benda keras.  Waktu yang dibutuhkan untuk penyembuhan patah tulang beraneka ragam, biasanya sekitar 8 hingga 12 minggu tapi bisa lebih cepat atau lambat tergantung banyak hal.

    Waktu yang dibutuhkan untuk pencabutan kawat juga berbeda – beda, namun biasanya butuh waktu 12 minggu. Hal ini tergantung dari kondisi masing – masing pasien.

    Untuk menentukannya dokter perlu melakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun penunjang.

    Untuk memastikannya anda perlu berkonsultasi langsung dengan dokter yang menangani anda karena tentu beliaulah yang lebih paham dengan kondisi pasien yang ditanganinya secara langsung.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kapan Penyembuhan Patah Tulang pada Jari

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.