• Defi

    Selama pagi dok, saya mau menanyakan perihal masalah saya dalam menggunakan KB spiral. Saya pakai selama 4 tahun karena mens saya jadi lama dan banyak sekali sedangkan siklus nya per 3 minggu. HB saya semenjak 1 tahun pertama pemakaian mulai turun,setelah 4 tahun HB saya menjadi 6.

    Setelah saya copot HB saya berangsur normal. Sekarang saya bingung mau pakai KB apa yang tidak merubah hormon dan tidak bikin asi kering. Mohon bantuannya dok. Terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang KB yang cocok untuk ibu menyusui. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Untuk ibu menyusui tidak bisa sembarang alat kontrasepsi bisa digunakan karena dapat mempengaruhi produksi ASI yang dikeluarkan. Selain KB IUD, ada beberapa alat kontrasepsi lainnya yang bisa digunakan untuk ibu menyusui yakni:

    • Pil KB mini (hanya mengandung progesteron). Jangan gunakan pil KB kombinasi yang mengandung estrogen karena kandungan hormon ini dapat mempengaruhi produksi ASI.
    • Implan. Implan hanya mengandung hormon progesteron yang tidak akan mempengaruhi produksi ASI.

    KB spiral atau IUD memiliki efek samping yang bisa dialami penggunanya antara lain sebagai berikut:

    • Gangguan menstruasi. Hal ini bisa terjadi akibat penggunaan IUD jenis copper. Jenis IUD ini bisa meningkatkan resiko perdarahan dan kram atau nyeri perut saat terjadi menstruasi.
    • Perforasi rahim. Satu dari 1000 orang yang menggunakan alat kontrasepsi IUD berisiko mengalami perforasi atau luka pada uterus (rahim). Jika penggunaan IUD menyebabkan luka pada rahim pasien maka penggunaan alat ini harus dihentikan.
    • Lepasnya IUD dari rahim sehingga fungsi proteksi dari kehamilan tidak ada. Sekitar 2 dari 10 hingga 100 orang pengguna kontrasepsi IUD dapat mengalami ekspulsi atau terlepasnya IUD dari uterus (rahim). IUD ini biasanya masuk ke vagina, dan biasa terjadi pada tahun pertama pemasangan IUD. Ekspulsi sering terjadi ketika IUD dipasang segera setelah kelahiran atau pada wanita yang tidak pernah mengalami kehamilan sebelumnya.

    Pada kasus HB yang semakin menurun pada anda memang bisa disebabkan oleh IUD. Namun biasanya akibat IUD yang mengandung tembaga.

    Ada jenis IUD lainnya yang sebenarnya bisa digunakan dan tidak akan menimbulkan perdarahan. Untuk penjelasan lebih lanjut silakan konsultasi langsung dengan dokter terutama dokter spesialis kandungan.

    7 Efek Samping KB Spiral (IUD)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter KB Apa yang Tidak Merubah Hormon dan Tidak Bikin ASI Kering?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.