• isnaini

    assalamualaikum.wr.wb dokter!!

    saya mau tanya dok..satu bulan ini saya baru melahirkan anak kedua dok, dan sya masih menyusui, dan saya pernah gagal memakai kb iud, sedangkan berat badan saya termasuk dalam kategori obesitas dok, bb 85 kg  TB 155 cm, kira2 kb apa yg cocok untuk sya dok???

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com seputar pilihan KB yang tepat untuk ibu menyusui dan obesitas. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    KB yang cocok bagi ibu menyusui antara lain pil KB  dan IUD. Namun jika disertai dengan obesitas maka pilihan yang paling tepat adalah KB IUD karena IUD tidak mengandung hormon. Seperti yang kita ketahui, sedikit banyak KB hormonal termasuk pil KB dapat menyebabkan perubahan berat badan menjadi meningkat. Selain jenis KB yang digunakan oleh wanita, pasangan anda juga bisa diminta untuk menggunakan kondom sebagai alat kontrasepsi.

    Sebagai informasi bagi anda, alat kontrasepsi memang berfungsi melindungi agar seorang wanita tidak hamil. Namun perlindungan ini bisa saja gagal karena beberapa hal antara lain:

    1. Pada jenis KB pil, seringkali terjadi kesalahan jadwal minum obat yang dilakukan oleh akseptor KB. Selain itu bisa terjadi juga karena kelalaian/ lupa dalam minum pil KB tersebut.
    2. KB suntik juga bisa mengalami kegagalan bila akseptor KB terlambat menyuntikkan KB sesuai jadwal. Selain itu juga ada waktu terbaik untuk dilakukan penyuntikan. Misalnya saja pada KB suntik 3 bulan sebaiknya dilakukan penyuntikan pada masa menstruasi. Bila KB disuntikkan pada 5 hari pertama periode menstruasi, maka efek perlindungan dari KB tersebut akan langsung efektif melindungi akseptor KB dari kehamilan. Namun jika KB baru disuntikkan di luar periode mens maka perlindungan baru efektif setelah 7 hari.
    3. IUD juga bisa mengalami kegagalan untuk melindungi akseptor dari kehamilan jika letak IUD tidak tepat atau bergeser atau IUD terlepas dari rahim. Hal ini akan membuat perlindungan menurun bahkan menghilang.

    Silakan baca artikel berikut:

    KB Suntik : Jenis, Jadwal, Efek Samping

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kb Apa yg Cocok untuk Saya??

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.