• Hidayati

    Malam dok .. Saya ibu 1 anak dengan usia 25 bulan (1tahun 1bulan) .. Saya menggunakan IUD sesaat setelah bayi saya dikeluarkan dengan proses operasi caesar 2tahun lalu ..

    Yang mau saya tanyakan, 1 bulan terakhir ini saya belum haid dok .. Memang 1bulan ini saya tidak berbuat dengan suami, karna suami sibuk kerja .. Jadi solusinya bagaimana ya dok ???

    Atau saya harus ke rumah sakit untuk periksa IUD saya ??? Mohon pencerahannya dok ..

    Sebelumnya saya ucapkan terimakasih ..

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan telat mens pada pengguna IUD. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Sebenarnya keluhan mengenai terlambat haid sudah sangat banyak dibahas dalam forum diskusi ini. Penyebabnya beraneka ragam. Berikut beberapa kemungkinan penyebab keluhan terlambat haid yaitu antara lain:

    1. Stress bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal sehingga menyebabkan perubahan siklus mens.
    2. Kelelahan fisik juga bisa menjadi salah satu penyebab.
    3. Berat badan yang sangat rendah, misal pada individu yang menjalani program diet ketat, vegetarian, penderita bulimia , anoreksia dsb.
    4. Obesitas atau kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan telat mens.
    5. Sindrom polikistik ovarium. Kista menyebabkan ketidakseimbangan hormonal.
    6. Kehamilan.
    7. KB hormonal terutama KB suntik 3 bulan. Pada beberapa wanita pengguna KB suntik 1 bulan juga bisa mengalami keluhan yang sama.
    8. Awal menopause juga menyebabkan keluhan telat mens.
    9. Dan lain sebagainya

    Untuk IUD sendiri bukanlah menjadi penyebab anda telat haid. Hal ini dikarenakan IUD bukanlah jenis KB hormonal yang mempunyai efek gangguan haid. Apalagi penggunaan IUD anda sudah 2 tahun dan sebelumnya tak pernah bermasalah dengan haid. Dengan demikian kemungkinan penggunaan IUD sebagai penyebab telat mens bisa disingkirkan.

    Namun seperti yang telah dijelaskan di atas kemungkinan telat mens sangatlah banyak. Ada baiknya diobservasi terlebih dahulu dalam 2 hingga 3 bulan ini sambil menjaga pola hidup sehat. Jika keluhan berlanjut maka silakan berkonsultasi secara langsung ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna menegakkan diagnosis keluhan anda. Penanganan berbeda tergantung penyebab keluhan telat haid.

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter KB IUD Telat Haid Apa yang Harus Dilakukan?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.