• Selmat siang dok, saya mau tanya.

    Saya ikut kb suntik 1 bulan, biasanya 1 atau 2 hari sebelum jadwal kembali  saya menstruasi  sampai jadwal waktunya suntik dok. Bulan ke 4 saya ikut kb, tapi saya mngalami menstruasi 5 hari sebelum suntik sudah selesai dok. Sebelum suntik itu juga saya melakukan hubungan dengan suami saya, apakah itu bisa mengakibatkan kehamilan dok?

    Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    KB memiliki manfaat yang sangat baik karena berfungsi melindungi agar seorang wanita tidak hamil jika digunakan sesuai anjuran, namun alat kontrasepsi juga memiliki efek samping bagi penggunanya terutama untuk penggunaan KB hormonal. Yang termasuk KB hormonal sendiri ada beberapa jenis antara lain pil KB, KB suntik 1 bulan dan 3 bulan, serta implan. Berikut adalah beberapa efek samping dari penggunaan KB suntik 1 bulan yaitu antara lain:

    • Efek karena kelebihan estrogen berupa mual, penumpukan cairan, sakit kepala, nyeri pada payudara, dan keputihan. Rasa mual yang muncul bisa disertai muntah, diare dan perut kembung.  Retensi cairan menyebabkan bertambahnya berat badan. Efek samping lainnya yang bisa muncul adalah hipertensi atau meningkatnya tekanan darah.
    • Efek karena kelebihan progesteron, antara lain menyebabkan perdarahan yang tidak teratur, nafsu makan dan berat badan bertambah, jerawat, rambut rontok hingga kebotakan, keputihan, hingga menstruasi sedikit atau tidak mens.

    Efek samping KB suntik 1 bulan salah satunya adalah siklus mens yang tak teratur oleh karena itu jadwal suntik sebaiknya sesuai jadwal yang diatur oleh dokter ataupun bidan yakni tiap 28 hari sekali. Jika anda suntik sesuai jadwal dan tak terlambat melakukan penyuntikan maka anda akan terlindung dari kemungkinan kehamilan.

    Silakan baca artikel berikut:

    Waspadai Efek Samping KB Suntik 1 Bulan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sebelum Suntik Kb 1 Bulan Melakukan Hubungan dengan Suami, Apakah Bisa Mengakibatkan Kehamilan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.