• Nama : Dezan Maulana Umur : 20 tahun. Mau tanya dok, jari kelingking saya kebas selama 4 hari karena bawa motor sendiri untuk pulang kampung sejauh 275 KM lebih dan ditambah perjalan balik kejakarta dengan jarak yang sama, berarti jarak total 550 KM lebih.

    Dan pertama kali saya bawa motor sejauh itu untuk mencari pengalaman, biasanya saya membawa mobil pribadi. Saya khawatir kebas ini akan berlangsung lama dan khawatir akan menyebabkan yang lebih buruk lagi. Bagai mana biar kebas ini sembuh ya dok ? Mohon jawaban nya

    Selamat Pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan kebas pada anggota tubuh sering sekali dialami oleh beberapa individu baik usia muda ataupun mengenai orang tua. Keluhan ini terutama sering dirasakan pada jari – jari tangan. Kebas dalam istilah kedokteran disebut juga dengan parasthesia. Pada kasus yang anda alami dimana kebas terjadi pada jari kelingking dan manis biasanya terjadi akibat gangguan saraf ulnaris yang mempersarafi daerah tersebut. Keadaan ini disebut juga sebagai neuritis ulnaris. Penyebabnya bisa karena berbagai macam hal misalnya karena faktor pekerjaan yang banyak menggunakan tangan hingga aktivitas mengendarai motor dalam jangka waktu lama seperti yang anda lakukan. Getaran yang dihasilkan pada setang motor akan menjalar ke jari – jari tangan, apalagi jika genggaman tangan pada setang sangat erat maka akan membuat getaran makin kencang dan hal ini akan menimbulkan gangguan pada persarafan.

    Asalkan keluhan ini tidak dilakukan dalam periode waktu yang lama secara berulang – ulang maka sebenarnya keluhan masih bisa hilang sempurna. Namun jika aktivitas ini berlangsung terus menerus dalam jangka panjang maka kerusakan pada saraf dapat bersifat permanen. Oleh karena itu disarankan jika anda akan mengendarai motor lagi dalam jarak yang panjang maka sebaiknya anda melakukan istirahat yang sering dan melakukan peregangan pada jari – jari tangan anda untuk mengurangi paparan getaran yang terus menerus. Selain itu sebaiknya gunakan sarung tangan untuk meredam getaran. Anda juga bisa mengkonsumsi vitamin B kompleks untuk memberikan nutrisi pada sel – sel saraf guna mempercepat pemulihan. Jika keluhan berlanjut maka ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter.

    Silakan baca artikel berikut:

    Telapak Tangan dan Kelingking Kiri Kesemutan, Kenapa?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kebas di Jari Kelingking Setelah Berkendara Motor

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.