• Safia

    <p style=”text-align: left;”>Saya mau tanya dok bulan lalu sekitar tanggal 27 saya mengalami keguguran dan mengalami pendarahan sekitar seminggu berupa gumpalan2 lalu setelah itu hanya flek coklat yang sudah lebih 10hari belum kunjung berhenti dan sekarang ditambah dengan rasa lemas dan pusing kadang nyeri di bagian perut bawah dan pinggul, bagaimana dok apakah normal? Terimakasih dok</p>

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keguguran. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keguguran atau dalam bahasa kedokteran disebut dengan abortus terdiri dari beberapa tahapan yaitu:

    1. Abortus iminens atau abortus yang mengancam. Artinya pasien belum keguguran namun sudah sangat beresiko untuk terjadinya keguguran jika kandungan tidak dijaga dengan ekstra ketat baik dengan bed rest maupun dengan obat penguat kandungan. Gejala yang muncul berupa keluar flek – flek atau perdarahan ringan dengan nyeri perut yang ringan. Jika dilihat dari pemeriksaan dalam, mulut rahim masih dalam keadaan tertutup.
    2. Abortus insipiens atau abortus yang baru berlangsung. Gejala berupa keluar darah dari vagina namun jaringan hasil konsepsi belum keluar. Rasa nyeri bertambah namun belum terlalu kuat.
    3. Abortus incomplit dimana keluar darah disertai sebagian hasil konsepsi. Ditandai dengan terbukanya mulut rahim, dan nyeri perut yang luar biasa hebat.
    4. Abortus komplit dimana jaringan konsepsi telah keluar seluruhnya. Nyeri perut mulai berkurang, mulut rahim juga mulai menutup.

    Pertama – tama yang ingin saya tanyakan pada anda adalah usaha apa yang sudah anda lakukan untuk mengatasi hal tersebut? Sudahkah anda ke dokter? Terapi apa yang anda dapatkan? Apakah pemberian obat – obatan ataukah dengan tindakan kuretase? Hal ini sayangnya tidak anda sampaikan dengan jelas dalam forum ini. Tatalaksana yang tepat pada kejadian keguguran tentu tidak akan membawa keluhan berkepanjangan. Jika masih ada jaringan sisa pembuahan yang masih tertinggal dalam rahim seringkali membuat keluhan pada pasien mulai dari perdarahan yang tidak kunjung sembuh, nyeri perut hingga infeksi yang dapat menyebabkan kematian. Untuk memastikan penyebab apakah saat ini kondisi rahim anda sudah bersih atau belum pasca keguguran harus diperiksakan secara langsung ke dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun penunjang dengan USG.

    Ibu Hamil Harus Tahu Tanda-tanda Keguguran Berikut Ini

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Keguguran

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.