• siang dok,

    Saya mau minta penjelasan,saya terakhir haid bulan agustus sekitar tanggal 20, pas bulan september saya haid tanggal 17-20 itu hanya bercak darah saja, setelah itu selama satu minggu saya merasa pusing,pinggang sakit dan payudara nyeri jika disentuh,dan puting pun sakit, saya coba untuk test pack dan hasilnya dua garis samar.

    Saya coba googling kalau hasil samar itu sudah pasti positif hamil, tapi saya ragu dok karena tidak ada mual sama sekali yang umumnya dirasakan pada awal kehamilan, saya coba diamkan saja, niatnya mau tunggu 1 bulan baru dicek lagi lewat usg,

    Tapi tanggal 26 oktober kemarin saya keluar darah dan makin hari darah seperti haid,tanggal 29 malam terasa nyeri dibagian perut bawah tapi hanya sebentar,saya pikir normalnya haid memang begitu, pada awal haid saya minum jamu (kunyit sirih).

    Dan pagi tadi tanggal 30 oktober saya keluar gumpalan darah yang cukup banyak dan darah segar pun cukup banyak, yang saya mau tanya dok, apakah ini termasuk keguguran atau bukan?

    Dan apakah hasil test pack samar sudah pasti hamil? atau pertanda ingin haid?

    Tolong penjelasannya dok, karena saat ini saya panik.

     

    (sebelumnya sehabis keluar gumpalan darah, saya langsung coba ke klinik dan dokter bilang kalau ini normal dan hanya pembersihan saja)

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com terkait keluhan keguguran. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Hasil tes pack yang menunjukkan kedua garis samar artinya positif. Dengan hasil ini kemungkinan besar memang anda sedang hamil meskipun ada kondisi lain yang menunjukkan hasil test pack positif seperti penyakit mola hidatidosa (hamil anggur).

    Oleh karena itu pada kasus yang anda alami dimana keluar darah banyak dari kemaluan disertai nyeri perut, kemungkinan paling besar adalah terjadi keguguran.

    Keguguran atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai abortus merupakan pengeluaran hasil konsepsi atau pembuahan dari dalam rahim ibu hamil kurang dari 20 minggu kehamilan.

    Keguguran sendiri terdiri dari beberapa tahapan yaitu:

    1. Abortus iminens atau abortus yang mengancam. Artinya pasien belum keguguran namun sudah sangat beresiko untuk terjadinya keguguran jika kandungan tidak dijaga dengan ekstra ketat baik dengan bed rest maupun dengan obat penguat kandungan. Gejala yang muncul berupa keluar flek – flek atau perdarahan ringan dengan nyeri perut yang ringan. Jika dilihat dari pemeriksaan dalam, mulut rahim masih dalam keadaan tertutup.
    2. Abortus insipiens atau abortus yang baru berlangsung. Gejala berupa keluar darah dari vagina namun jaringan hasil konsepsi belum keluar. Rasa nyeri bertambah namun belum terlalu kuat.
    3. Abortus incomplit dimana keluar darah disertai sebagian hasil konsepsi. Ditandai dengan terbukanya mulut rahim, dan nyeri perut yang luar biasa hebat.
    4. Abortus komplit dimana jaringan konsepsi telah keluar seluruhnya dan nyeri perut mulai berkurang, mulut rahim juga mulai menutup.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan diri secara langsung ke dokter spesialis kandungan agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan penunjang berupa USG.

    Ibu Hamil Harus Tahu Tanda-tanda Keguguran Berikut Ini

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

    dok, bagaimana jika tidak dilakukan kuret? apa efek sampingnya dok? kalo menurut hitungan haid saya tau hamil pas telat seminggu dok, dan ini hitungan 1 bulan. apa harus dilakukan kuret jga dok?

    Tidak semua keguguran harus dilakukan kuretase. Bisa juga dengan mengkonsumsi obat – obatan. Namun harus dipastikan terlebih dahulu dengan pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

    Lagipula pada kasus anda juga kita belum dapat memastikan apakah benar sudah terjadi keguguran atau belum. Jika sudah terjadi, perlu dipastikan sudah sejauh apa keguguran itu terjadi.

    Dalam forum ini saya hanya bisa memberikan kemungkinannya saja. Akan tetapi untuk memastikan diagnosis keluhan anda dan terapi yang tepat perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter.

    dok, saya  sudah periksa usg ternyata saya hamil sudah 1 bulan, dah sudah terjadi keguguran, namun masih ada sisa yg menempel di dlm rahim, dokter menyarankan untuk di kuret, tpi saya berharap ada metode lain dengan obat2an atau obat herbal lainnya.

    kira2 bagaimana dok ? saya takut kalau harus dikuret,

    <p style=”text-align: left;”>Jika berdasarkan hasil pemeriksaan dokter sudah dinyatakan harus dikuret maka tentu inilah langkah terbaik yang harus dilakukam untuk membersihkan sisa jaringan hasil konsepsi yang menempel.</p>
    Karena jika hanya mengandalkan obat maka dikhawatirkan masih ada jaringan yang tersisa dalam rahim yang jika dibiarkan dapat menyebabkan infeksi dan membahayakan ibu.

    tapi pagi tadi saya keluar gumpalan 5cm itu berwarna abu2 dok, dan masih keluar bercak disertai lendir2,

    apa itu memang dari sisa2 yg menempel dok?

    Ya mungkin saja. Untuk memastikan silakan periksakan ulang ke dokter.

Beranda Tanya Dokter Keguguran atau Mens Normal

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.