• Halo dokter,

    Saya lily,

    Pada tanggal 18 april sore saya melakukan ab0rsi dengan obat gastrul total 10 biji dalam 3 tahap pada kandungan yang kurang lebih 3 minggu (tidak pasti dengan usia kandungan karena tidak ingat tgl haid)

    Kemudian hasil nya ada pendarahan yg lumayan banyak seperti hari normal haid kedua,dan juga ada diare yg merupakan efek dri gastrul.  Namun pendarahannya tidak ada keluar gumpalan darah besar yg dimana kata orang” janin 1bulan akan sebesar hati ayam. Yg saya tau ketika saya diare, ada gumpalan darah yg sebesar kacang tanah ikut keluar dari miss v dan darah tetap ada netes.

    Setelah itu karena diare yg lebih dari 3x membuat saya kecapekan dan ketiduran, dan pendarahan tetap berlanjut namun makin berkurang hari demi hari.

    Sekarang dah hari keempat masih ada pendarahan namun sdh dikit seperti mendekati hari terakhir haid.

    Dan semenjak pendarahan, saya tidak ada mual, nyeri payudara lagi.

    Malahan nafsu makan jadi bertambah. Namun saya masih kurang berani sembarangan makan dikarenakan belum tau pasti apakah masih hamil atau sudah gugur.

    Mohon bantuannya dokter.  Terimakasih

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keguguran atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai abortus merupakan pengeluaran hasil konsepsi atau pembuahan dari dalam rahim ibu hamil kurang dari 20 minggu kehamilan. Keguguran sendiri terdiri dari beberapa tahapan yaitu:

    1. Abortus iminens atau abortus yang mengancam. Artinya pasien belum keguguran namun sudah sangat beresiko untuk terjadinya keguguran jika kandungan tidak dijaga dengan ekstra ketat baik dengan bed rest maupun dengan obat penguat kandungan. Gejala yang muncul berupa keluar flek – flek atau perdarahan ringan dengan nyeri perut yang ringan. Jika dilihat dari pemeriksaan dalam, mulut rahim masih dalam keadaan tertutup.
    2. Abortus insipiens atau abortus yang baru berlangsung. Gejala berupa keluar darah dari vagina namun jaringan hasil konsepsi belum keluar. Rasa nyeri bertambah namun belum terlalu kuat.
    3. Abortus incomplit dimana keluar darah disertai sebagian hasil konsepsi. Ditandai dengan terbukanya mulut rahim, dan nyeri perut yang luar biasa hebat.
    4. Abortus komplit dimana jaringan konsepsi telah keluar seluruhnya. Nyeri perut mulai berkurang, mulut rahim juga mulai menutup.

    Untuk memastikan pada saat ini anda mengalami tahapan abortus yang mana, harus dilakukan pemeriksaan secara langsung baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang (misalnya USG). Oleh karena itu silakan periksakan diri secara langsung ke dokter.

    Abortus Imminens : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Keguguran Komplit atau Tidak, Apa Ciri-cirinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.