• Dok…kehamilan ke 2 saya mengalami eklamsi…sampai kejang dan di ICU 4 hari…pertanyaannya? apakah saya masih di per bolehkan hamil lagi…kira kira apa saja yang bisa saya lakukan sebelum promil.?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang persiapan kehamilan pasca memiliki riwayat eklampsia pada kehamilan sebelumnya. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Kehamilan merupakan sesuatu yang ditunggu oleh pasangan yang telah menikah. Adanya riwayat eklampsia yang anda alami saat kehamilan sebelumnya tidak menutup kesempatan bagi anda untuk hamil kembali di kemudian hari.

    Anda masih boleh untuk hamil namun memang perlu persiapan – persiapan yang perlu anda lakukan untuk mencegah terjadinya kasus eklampsia lagi di kehamilan berikutnya.

    Beberapa persiapan yang perlu anda lakukan antara lain mengkonsumsi makanan yang bergizi, hindari konsumsi makanan tinggi natrium (garam) secara berlebihan, hindari makanan tinggi kolesterol, perbanyak asupan cairan dan juga rutin kontrol tekanan darah terutama selama kehamilan.

    Hal ini sangat penting untuk mencegah eklampsia dan juga melakukan deteksi dini.

    Selain itu seperta pasangan lainnya yang sedang mempersiapkan kehamilan maka anda perlu menjaga pola makannya dan dapat mengkonsumsi suplemen untuk mempersiapkan kehamilan.

    Wanita bisa mengkonsumsi asam folat dan vitamin E agar dapat menghasilkan sel telur berkualitas yang siap untuk dibuahi. Pihak pria juga dapat meminum suplemen mengandung anti oksidan untuk menjaga kualitas dan kuantitas spermanya.

    Ada baiknya juga menghindari konsumsi alkohol, kafein dalam jumlah banyak dan hentikan merokok. Untuk mendapat penjelasan lebih detail ada baiknya anda konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda.

    Cara Aman Menurunkan Tekanan Darah Saat Kehamilan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Kehamilan Eklamsia

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.