• Dokter saya mau tanya,

    Saya terakhir suntik kb 1 bulan tanggal 15 Januari kemudian tidak pernah suntik lagi. Haid terakhir saya tanggal 15 Febuari, dan sampai sekarang saya sudah tidak haid dan telat haid kurang lebih 3 bulan.

    Awalnya sakit perut sebelah kanan dan sekarang saya merasakan sakit perut bagian bawah, keram, pinggang sakit, bahu belakang sakit hingga kaki saya lemas.

    Apa mungkin saya hamil ektopik? Karena saya baca ciri-ciri nya hampir sama. Ataukah saya telat haid karena efek setelah lepas kb dok?

    Mohon penjelasannya dok. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Untuk mengetahui apakah anda mengalami kehamilan ektopik tidak bisa hanya berdasarkan keluhan itu saja. Apalagi penyebab keluhan telat haid, nyeri perut dan gejala yang anda alami tidak spesifik terjadi pada kehamilan ektopik. Untuk memastikan kehamilan ektopik harus dilakukan pemeriksaan secara langsung baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang (misalnya dengan pemeriksaan Hb serial dan USG). Untuk keluhan nyeri perut bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain karena :

    1. Infeksi pada appendiks atau disebut juga sebagai appendisitis bisa menyebabkan keluhan nyeri perut kanan bawah. Rasa nyeri biasanya mulai dari bagian pusat kemudian akan terlokalisir pada bagian kanan bawah. Keluhan nyeri bisa terasa sangat berat sehingga membuat pasien kesakitan hebat, bisa disertai pula dengan keluhan demam, mual, ataupun muntah.
    2. Batu pada saluran kemih juga bisa menyebabkan keluhan nyeri. Nyeri terasa pada bagian saluran kemih yang terkena. Jika mengenai saluran kemih bagian kanan maka keluhan nyeri akan terasa pada perut kanan. Keluhan nyeri umumnya terasa hilang timbul. Bisa disertai dengan gangguan berkemih dsb.
    3. Infeksi pada organ reproduksi juga bisa menyebabkan keluhan nyeri perut.
    4. Tumor pada organ reproduksi
    5. Penyebab lainnya

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Kehamilan Ektopik : Gejala, Penyebab, Penanganan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kehamilan Ektopik

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.