• Pagi dok, saya mau tanya. Saya memiliki kelenjar/benjolan di bawah ketiak kanan dan kiri. Besarnya sebesar telur ayam tapi tidak keras.mulai ada sejak saya SD dok awal menstruasi.

    Sekarang usia saya hampir 30 tahun. Tapi tidak pernah ada keluhan selama ini. Tapi belakangan ini terasa sedikit nyeri sampe ke payudara kadang nyeri tapi tidak terlalu sakit.

    Kira-kira apa penyebabnya ya dok apa berbahaya? Tarimakasih dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan benjolan termasuk salah satu keluhan yang sering muncul dalam forum ini. Benjolan bisa terjadi mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Ketiak merupakan salah satu daerah yang tidak lepas dari keluhan ini. Penyebab benjolan termasuk benjolan di ketiak sangat banyak sehingga perlu dilakukan pemeriksaan secara lebih detail dan perlu digali informasi secara lengkap mengenai karakteristik benjolan dan juga keluhan lain yang menyertai untuk membantu mengidentifikasi penyebab keluhan tersebut misalnya apakah benjolan terasa nyeri, apakah benjolan tampak meradang dan lain sebagainya.

    Benjolan di ketiak bisa terjadi karena beberapa hal misalnya saja infeksi pada folikel rambut ketiak (folikulitis) yang salah satu penyebabnya akibat higiene yang tak terjaga, akibat kebiasaan mencukur rambut ketiak yang tak bersih dan lainnya. Selain karena folikulitis, penyebab lainnya misalnya karena infeksi pada kelenjar getah bening di ketiak, baik infeksi karena virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Penyebab lainnya bisa karena adanya tumor jaringan lunak pada bagian ketiak misalnya karena tumor yang berasal dari jaringan lemak (lipoma), tumor yang berasal dari jaringan fibrosa (fibroma) dan masih banyak lagi. Selain itu, benjolan juga bisa terjadi karena pembesaran kelenjar getah bening baik karena infeksi (limfadenitis) atau karena tumor limfoma.

    Banyaknya kemungkinan penyebab ini membuat pentingnya pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut:

    Benjolan di Ketiak : Penyebab dan Pengobatannya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Seperti Apa Kelenjar di Ketiak yang Berbahaya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.