• Selamat pagi dokter, saya Indra mau tanya. Saya mempunyai penyakit gigi berlubang dan gusi bengkak serta dagu ada benjolan. Apakah itu menyebabkan penyakit kelenjar getah bening? Dan apakah bisa menjadi kanker bila berkepanjangan? Mohon solusinya dok. Terimakasih.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gusi merupakan salah satu organ dalam rongga mulut yang penting perannya sebagai jaringan penyokong gigi. Gusi yang sehat memiliki warna merah muda, kencang dan dapat menopang gigi dengan kuat. Gusi dapat bermasalah biasanya karena menumpuknya plak pada gigi dan melukai gusi yang berada di sekitarnya. Selain itu gusi yang bengkak juga bisa diakibatkan oleh karena gigi yang berlubang sehingga memudahkan kuman masuk ke dalam bagian – bagian gigi dan gusi. Pada akhirnya akan terjadilah infeksi pada gusi.

    Gusi yang terinfeksi akan memberikan tanda berupa rasa nyeri, bengkak, kemerahan, dan juga bernanah serta dapat menimbulkan bau tak sedap di dalam rongga mulut. Selain itu adanya infeksi ini bisa menyebabkan kelenjar getah bening(KGB) ikut membesar. Hal ini diakibatkan karena peran KGB sebagai salah satu mekanisme pertahanan tubuh. Sehingga ketika ada bagian tubuh yang terserang infeksi maka kelenjar ini akan ikut membesar guna melawan kuman yang masuk dalam tubuh.

    Sebenarnya antara penyakit infeksi dan keganasan (kanker) merupakan dua hal yang berbeda. Kanker bisa tumbuh jika sel mengalami mutasi. Begitu pula pada kanker kelenjar getah bening.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Cara Ampuh Mengatasi Gusi Bengkak Bernanah

    Pembengkakan Kelenjar Getah Bening di Leher

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Gusi Bengkak Disertai Benjolan di Dagu Menyebabkan Kelenjar Getah Bening?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.