• Selamat malam dok. Kelopak atas mata kiri saya terasa lebih tebal daripada mata sebelah kanan saya. Oleh sebab itu kelopak atas mata kiri saya tidak bisa terbuka dengan sempurna seperti mata sebelah kanan dan ini sudah berlangsung selama seminggu. Tetapi mata saya tidak merah/gatal. Sudah dikompres menggunakan es batu tetapi tidak kunjung kembali seperti semula. Apakah ada cara lain yang bisa dilakukan sebelum saya ke dokter?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kelopak mata atau dalam istilah kedokteran disebut palpebara merupakan salah satu bagian mata yang berperan penting sebagai pelindung organ dalam mata kita. Karena letaknya yang berada di luar, maka bagian ini kerap mengalami beberapa keluhan, salah satunya seperti keluhan yang anda sampaikan. Kelopak mata yang tidak bisa membuka sempurna bisa disebabkan oleh banyak hal sehingga penggalian informasi secara detail sangat membantu untuk menegakkan diagnosis. Sayangnya dalam forum ini anda kurang menjelaskan gambaran klinis dari keluhan yang anda alami mulai dari gejala penyerta seperti penglihatan kabur, rasa nyeri, warna kulit di kelopak mata yang bermasalah, faktor pencetus keluhan dan lain sebagainya.

    Berikut beberapa kemungkinan penyebab keluhan kelopak mata yang tak bisa membuka sempurna antara lain karena:

    • Kalazion atau inflamasi kronik pada kelenjar minyak di kelopak mata anda bisa menyebabkan kelopak mata terasa menebal dan saat membuka mata maka kelopak tidak akan membuka sempurna karena terganjal oleh benjolan tersebut. Apalagi jika benjolan cukup besar maka kelopak mata akan makin terlihat jelas ketidaksimetrisannya.
    • Gangguan pada persarafan juga bisa menyebabkan keluhan mata yang tidak bisa membuka sempurna.
    • Tumor pada bagian kelopak mata
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan secara lebih detail oleh dokter sehingga sebaiknya anda kunjungi dokter secara langsung di daerah anda. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Mengenal Berbagai Jenis Infeksi Mata

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengobati Mata Bengkak di Rumah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.