• Selamat pagi dokter, saya mau bertanya masalah perkemihan, begini dok kenapa ya akhir-akhir ini ketika saya selesai buang air kecil setelah beberapa menit kemudian air kencing itu menetes sedikit dan itu terjadi beberapa kali dok. Saya khawatir karena takut tidak sah ketika beribadah sebab celana dalam yang saya kenakan terkena air kencing tersebut walaupun sedikit. Itu kenapa ya dok? Apa solusinya? Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering kencing menetes setelah BAK bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari sebab ringan atau karena penyakit tertentu. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain:

    • Masih tersisanya air seni dalam kandung kemih. Sehingga disarankan untuk anda benar – benar mengosongkan kandung kemih dengan baik agar tidak ada air seni yang tersisa.
    • Infeksi saluran kemih. Keluhan kencing berulang sering merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK). Namun biasanya disertai keluhan tidak puas sehabis kencing atau terasa anyang – anyangan, kadang juga disertai nyeri supra pubik ( bagian perut di atas kemaluan), demam, dan lain sebagainya.
    • Pembesaran prostat pada pria juga bisa menyebabkan sumbatan saat mengeluarkan air kemih. Sehingga tak heran jika terdapat keluhan kencing menetes baik pada awal berkemih ataupun pada akhir berkemih. Pembesaran prostat ada yang bersifat jinak maupun ganas.
    • Dan lain sebagainya.

    Jika keluhan bertambah buruk ataupun sangat mengganggu maka ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang guna memastikan penyebab keluhan yang anda alami.

    Kanker Prostat : Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Keluar Air Kencing Sedikit Setelah Buang Air Kecil?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.