• Siang dok. Satu bulan sudah saya mengalami sembelit dan sudah 3 minggu ini saya memiliki keluhan perut bagian bawah kiri sering perih dan sakit serta kram hingga kaki. Hal ini terjadi dimulai pada tanggal 22 Maret, saat itu saya melihat ada bercak darah segar saat BAB.

    Hal itu terus terjadi sampai saat ini dan yang lebih parahnya setelah BAB saya keluar sekarang malah ada lendir di sertai darah segar di dubur saya.

    Sehingga walaupun saya sudah bab, di dalam dubur saya terasa perih dan panas. Apabila ini wasir eksternal saya tidak mengalami perih, gatal gatal dan panas di bagian luar dubur.

    Benjolan nya juga masih normal sehingga masuk lagi ke dalam. Gejala panas, sakit dan perih nya itu di bagian dubur dalamnya. Penyakit apa ini dok? Bagaimana mengobati nya?

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gangguan buang air besar sering kali dialami oleh beberapa individu, salah satunya adalah sembelit atau konstipasi. Penyebab keluhan ini bisa terjadi karena banyak hal antara lain karena kebiasaan menahan BAB terlalu lamak, kurangnya asupan cairan sehingga membuat tinja makin keras dan susah untuk keluar, makanan yang kurang mengandung serat dan lain sebagainya.

    Sembelit yang berkepanjangan dapat menyebabkan terjadinya hemorhoid atau ambeien. Hal ini terjadi karena biasanya pasien akan mengejan terlalu kuat saat hendak mengeluarkan tinja sehingga membuat pembuluh darah di sekitar anus menjadi melebar. Gejala yang muncul awalnya berupa keluarnya darah saat BAB baik disertai rasa nyeri maupun tidak. Selain itu jika penyakit berlanjut maka akan dapat keluar benjolan dari anus.

    Untuk mengatasinya ada beberapa pilihan terapi yakni dengan obat anti hemoroid dan juga dengan tindakan pembedahan. Selain itu terdapat terapi non obat yang bisa dilakukan untuk mencegah memberatnya ambeien yakni dengan menjaga asupan makanan anda dengan memperbanyak makanan mengandung serat seperti sayur dan buah – buahan (misal pepaya, dll), perbanyak konsumsi air putih, dan perbanyak olahraga. Silakan periksakan langsung ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih baik.

    Mengenal Penyakit Ambeien / Wasir / Hemoroid

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Mengapa Keluar Bercak Darah dan Lendir Ketika Bab?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.