• Milaa

    Selamat siang dok

    Saya mau tanya. Akhir februari lalu, saya renang dengan teman saya. Saya menyelam dengan waktu yg sebentar setelah menyelam, saya mengalami rasa sakit yang luar biasa pada telinga kanan saya. Rasa sakit itu bertahan selama 2 hari dan tidak saya periksakan ke dokter. Dan 3 hari yg lalu, telinga saya terasa seperti tersumbat dan keluar cairan warna kuning ijo sedikit bentuknya kental. Besoknya saya periksakan ke THT dan dinyatakan kena radang telinga. Saya dikasih obat minum dan obat tetes. Setelah itu, saya ikuti anjuran dokter. Dan setelah 2 hari pemakaian obat tetes, saya merasa telinga saya kok malah tambah parah, jadi keluar cairan agak cair secara terus menerus. Sebelumnya padahal cuma keluar setitik cairan ijo kuning kentel bercampur kotoran. Menurut dokter saya harus bagaimana dengan kondisi telinga yg menurut saya malah tambah parah ini? Apakah cairan yg keluar itu hanya obat tetes yg kluar lagi atau itu cairan apa? Terima kasih dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan keluar cairan dari telinga. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan berupa keluar cairan dari telinga yang didahului  oleh riwayat menyelam sebelumnya maka kemungkinan telah terjadi infeksi pada telinga tengah atau yang disebut otitis media. Penyebab utamanya karena perubahan tekanan udara dalam telinga yang sangat mendadak sehingga menyebabkan gangguan pada telinga dan adanya keterlibatan infeksi bakteri. Gejala yang muncul akibat infeksi ini berupa rasa nyeri di telinga, keluar cairan dari telinga hingga penurunan pendengaran.

    Pada kasus anda kemungkinan gendang telinga pecah sehingga merangsang cairan terus keluar. Untuk menangani otitis media perlu diberikan antibiotik yang sesuai serta obat lain untuk meredakan gejala. Terkadang jika kuman cukup kuat maka pengobatan membutuhkan waktu yang lebih lama. Silakan anda periksakan ulang ke dokter untuk memastikan kondisi anda saat ini sehingga bisa diberikan terapi lanjutan yang tepat. Penyembuhan otitis media biasanya butuh waktu 1 minggu dengan pengobatan yang adekuat namun bisa juga lebih lama tergantung pula oleh daya tahan tubuh pasien.

    Silakan baca artikel berikut:

    Gendang Telinga Pecah : Penyebab, Gejala, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Keluar Cairan di Telinga Setelah Menyelam

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.