• Halo dok,saya mau tanya. Saya sudah telat sekitar 8 minggu. Waktu itu saya merasakan nyeri perut seperti nyeri pada waktu haid. Itu terjadi di malam hari dan semakin terasa sakit menjelang pagi. Ketika bangun pas ke kamar mandi ada keluar darah kental kira-kira 2 tetes disertai lendir. Setelah itu cuma keluar lendir sedikit-sedikit dan selama 3 hari keluar flek kecoklatan dan semakin lama semakin bersih. Lalu saya periksakan ke bidan dicek katanya kosong (tapi tidak di USG) tapi saya cek pakai alat test hasilnya positif. Mohon pencerahannya dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan flek yang dialami oleh wanita memang sering sekali dikeluhkan. Keluar flek atau bercak – bercak kecoklatan bisa muncul dalam beberapa keadaan, misalnya tidak lama setelah haid selesai, saat kehamilan muda, dan lain sebagainya. Keluhan flek yang anda alami saat kehamilan muda terjadi karena banyak hal. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyeba spotting atau flek yang mungkin terjadi yaitu antara lain sebagai berikut:

    1. Flek sering terjadi pada wanita akibat perubahan kadar hormonal yang terjadi pada saat stress psikis, menjalani aktivitas fisik yang berat, kurangnya istirahat hingga gejala pramenopause.
    2. Infeksi pada organ reproduksi, baik pada ovarium, uterus atau rahim, serviks hingga vagina.
    3. Akibat berhubungan saat kehamilan.
    4. Akibat proses implantasi janin dalam rahim.
    5. Penyebab lainnya

    Untuk keguguran sendiri biasanya flek akan terus berlanjut bahkan hingga keluar darah segar beserta jaringan hasil konsepsi dari vagina. Oleh karena itu ada baiknya memang anda memeriksakan diri ke dokter terutama Sp.OG agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail baik dengan pemeriksaan fisik maupun penunjang seperti USG kehamilan.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Keluar Flek Saat Hamil, Berbahayakah?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Keluar Darah Hanya 2 Tetes Apakah Tanda Keguguran?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.