• dok mau nanyaa, uk saya memasuki 9w, dari awal kehamilan saya keputihan terus,masuk 8w keputihannya semakin berwarna agak kuning/coklat, saya udah ke dokter trus dikasi obat yg dimasukkan lewat miss V,setelah dipake besoknya lumayan bersih tp pas nyemprot air setelah berkemih,muncul sdikit lendir dan ada noda darah,gak banyak,paling setitik. keesokan malemnya malah keluar darah. lumayan banyak,mirip haid hari pertama,sakit”nya jg sama, sdh di usg kata dokternya gak ada masalah apa”, tp smpe skr udah 4 hari masih keluar darahnya,kadang sangat sdikit kadang lumayan banyak,kadang jg bersih. jd saya bingung dok ini kenapa. apakah ini pertanda keguguran atau gimana? mohon info dan bantuannyaa biar sdikit tenang dok. makasi

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluar darah saat hamil tentu menimbulkan kekhawatiran bagi ibu hamil. Ada beberapa hal yang menyebabkan keluhan keluar darah saat hamil, misalnya saja karena perdarahan yang timbul saat implantasi (proses menempelnya sel telur yang telah dibuahi ke rahim). Namun biasanya darah yang keluar berupa flek – flek kecoklatan atau merah muda dan tak sebanyak seperti darah saat menstruasi. Selain itu biasanya juga hanya berlangsung selama 1-3 hari. Selain itu, penyebab keluarnya darah saat hamil adalah karena keguguran atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai abortus. Abortus merupakan pengeluaran hasil konsepsi atau pembuahan dari dalam rahim ibu hamil kurang dari 20 minggu kehamilan.

    Keguguran sendiri terdiri dari beberapa tahapan yaitu:

    1. Abortus iminens atau abortus yang mengancam. Artinya pasien belum keguguran namun sudah sangat beresiko untuk terjadinya keguguran jika kandungan tidak dijaga dengan ekstra ketat baik dengan bed rest maupun dengan obat penguat kandungan. Gejala yang muncul berupa keluar flek – flek atau perdarahan ringan dengan nyeri perut yang ringan. Jika dilihat dari pemeriksaan dalam, mulut rahim masih dalam keadaan tertutup.
    2. Abortus insipiens atau abortus yang baru berlangsung. Gejala berupa keluar darah dari vagina namun jaringan hasil konsepsi belum keluar. Rasa nyeri bertambah namun belum terlalu kuat.
    3. Abortus incomplit dimana keluar darah disertai sebagian hasil konsepsi. Ditandai dengan terbukanya mulut rahim, dan nyeri perut yang luar biasa hebat.
    4. Abortus komplit dimana jaringan konsepsi telah keluar seluruhnya. Nyeri perut mulai berkurang, mulut rahim juga mulai menutup.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya anda memeriksakan kembali kondisi kehamilan anda ke dokter.

    Pendarahan Saat Hamil Muda, Jangan Abaikan!

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Keluar Darah Saat Uk 8-9w

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.