• Keluar gumpalan darah sebesar jari kelingking selama 2 hari dan selama 5 hari keluar flek kecoklatan  yang semakin hari nya semakin bersih flek nya apa saya keguguran?

    namun saya masih masih mual kadang” dan payudara pun sakit juga perut aga buncit apa saya hamil kembali?

    siang dok, saya mau konsultasi:
    saya kan hamil.kayak nya telat 1 bulan soalnya di TP + dan telat haid saya 13 desember lalu pada tgl 14 januari saya keluar gumpalan darah sebesar jari kelingking ada 2 dan ada serat serat nya gitu yang 1 nya.

    dan maaf dok itu keluar setelah saya (cebok) lalu saya tarik pelan” terus kram perut juga dan ada darah nya juga.

    tapi itu brlangsung 2 hari dok 5 hari kemudian sy kluar flek gt wrnya nya coklat tp makin hari makin bersih g keluar lagi flek..
    apa saya keguguran??

    tapi saya sekarang masih merasakan gejala mual tapi enggak sering terus payudara tetap sakit.aga lemas juga pusing dan perut aga beda buncit bagai mana itu dok apa saya hamil lagi??

    padahal saya enggak berhubungan badan badan.

    terimakasih dok maaf kepanjangan

    Selamat sore.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluar darah dari kemaluan bisa terjadi karena beberapa sebab, misalnya karena menstruasi, penyakit kandungan, hingga keguguran (abortus).

    Jika anda sedang hamil dengan usia kehamilan berada di trimester awal maka kejadian keguguran adalah kemungkinan yang paling besar. Gejala keguguran (abortus) yang umumnya dialami antara lain:

    • Keluar darah dari kemaluan, mulai dari bercak – bercak merah kecoklatan (spotting) pada tahap awal resiko keguguran (abortus iminens) hingga keluar gumpalan darah yang cukup banyak jika keguguran sedang berlangsung.
    • Nyeri perut. Umumnya nyeri perut berlangsung sangat hebat terutama bila gumpalan janin belum keluar. Setelah gumpalan janin keluar hampir seluruhnya, maka keluhan nyeri akan berangsur-angsur berkurang.
    • Terbukanya mulut rahim. Tanda ini hanya bisa dilihat dengan dilakukan pemeriksaan dalam oleh dokter ataupun bidan.

    Untuk memastikan sebaiknya anda segera memeriksakan diri ke dokter spesialis kandungan (SPOG) agar dapat dilakukan evaluasi terhadap kondisi anda. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik secara langsung dan seringkali butuh dilakukan pemeriksaan USG untuk memastikan kondisi dalam rahim anda. Jika memang sudah terjadi keguguran (abortus) perlu diperiksa apakah janin sudah keluar sepenuhnya atau masih adakah yang tersisa dalam kandungan anda. Karena jika masih ada yang tersisa namun tidak dibersihkan maka dapat meningkatkan resiko penyakit lainnnya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Keluar Gumpalan Darah, Apakah Keguguran?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.