• Selamat pagi dok.

    Kata orang tua saya, telinga saya keluar cairan sejak kecil, sudah sering saya dibawa ke dokter dan diberi obat tetes, telinga saya sudah tidak keluar cairan setelah 1/2 minggu obat saya gunakan, namun setelah 3/4/5 bulan keluar cairan lagi.

    Dibawa lagi saya ke dokter dan di beri obat tetes, dengan kejadian yang  sama setelah 3/4/5 bulan keluar lagi cairan. Sehingga ketika saya duduk di bangku  SD-SMP, setiap kali berangkat sekolah, saya selalu memasukkan kapas pembalut kedalam telinga saya.

    Supaya kapas nya tidak terlihat oleh teman-teman, saya memasukkan kapas pembalut nya kedalam sampai tidak bisa dilihat. Dan saya keluarkan ketika saya sudah pulang sekolah, begitu seterusnya yang saya lakukan setiap hari sekolah.

    Setelah saya masuk SMA saya pergi lagi ke dokter yang berbeda, katanya gendang telinga saya pecah. Sehingga pendengaran saya menurun. Saya diberi obat tetes yang merek nya AKILEN dan obat pil lainnya.

    Dengan kejadian yang sama telinga saya berhenti keluar cairan setelah 1/2 minggu obat saya gunakan dan setelah 3/4/5 bulan keluar cairan lagi.

    Kira-kira bagaimana menurut dokter apakah ada solusi yang lebih bagus atau ada obat herbal yang bagus untuk telinga saya, karena saya takut terlalu sering menggunakan obat kimia. Mohon jawabannya dok. Terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan keluar cairan dari telinga dan gendang telinga yang pecah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan dimana terdapat riwayat keluar cairan dari telinga yang berulang disertai penurunan pendengaran memang kemungkinan telah terjadi infeksi pada telinga tengah atau yang disebut otitis media. Penyebabnya terutama karena infeksi bakteri.

    Gejala yang muncul akibat infeksi ini berupa rasa nyeri di telinga, keluar cairan dari telinga hingga penurunan pendengaran.

    Penyebab terjadinya otitis media bisa karena banyak hal, biasanya karena penjalaran dari infeksi saluran napas yang tidak diobati dengan baik. Selain itu daya tahan tubuh pasien yang menurun menyebabkan keluhan ini bisa terjadi dan sering berulang.

    Pada kasus anda sebaiknya dicari tahu apakah yang anda alami hanya sebatas infeksi pada telinga saja ataukah ada komplikasi lainnya. Karena jika ada komplikasi lain maka tidak hanya perlu obat – obatan minum saja namun perlu tindakan lainnya misalnya tindakan operatif.

    Selain itu harus juga dipastikan lokasi robekan gendang telinganya karena hal ini mempengaruhi proses penyembuhan gendang telinga tersebut mulai dari terapi yang tepat hingga kemungkinannya untuk sembuh.

    Oleh karena itu dalam forum ini saya tidak bisa memberikan penjelasan lebih detail terkait penanganan nya karena harus dipastikan dulu kondisi klinis anda melalui pemeriksaan oleh dokter baik pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang. Silakan konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Gendang Telinga Pecah : Penyebab, Gejala, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Keluhan Telinga yang Mengeluarkan Cairan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.