• Malam dok, saya mau bertanya tentang keluhan yang saya alami. Kejadiannya mulai dari pertengahan 2017 (desember 2017 – sekarang).

    Saya sering mengalami kaku dan pegal di dada saya dok, kalau untuk lokasi kaku dan pegal pas terletak antara bidang dada kanan dan kiri (laki-laki).

    Biasanya untuk menghilangkan rasa kaku itu dulu saya stretching ringan sambil jogging sebentar lalu hilang, terus selang beberapa waktu karena kesibukan aktivitas saya jarang olahraga lagi.

    Dan alhasil rasa kaku dan pegal di dada datang lagi, saya coba atur jadwal olahraga saya, ternyata tidak berhasil (hilang tapi datang lagi padahal sudah rutin olahraga nya).Sering kambuh juga apabila saya duduk dengan posisi santai (bersandar) kalau tegak tidak apa-apa. Itu saya kenap ya dok?

    Dan dulunya waktu saya perokok (tidak berat) dan sekarang sudah berhenti total. Dan saya juga sering mengalami kalau sedang olahraga atau terbangun waktu tidur malam hari saya merasakan sendawa tapi ini rasanya seperti terbakar leher saya. Itu juga kenapa ya dok??

    Tolong penjelasannya dan tips untuk menanggulanginya. Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan rasa kaku dan tak nyaman dada. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan rasa tak nyaman di dada bisa disebabkan oleh banyak hal dan hal ini bisa dialami oleh beberapa individu. Keluhannya ada yang terasa kaku, seperti ditusuk – tusuk, dada terasa tertekan atau seperti terhimpit benda berat, terbakar dan lain sebagainya.

    Lokasi nyeri juga bisa terjadi pada dada kanan atau kiri. Hal – hal ini penting digali untuk membantu menentukan kemungkinan penyebab. Sayangnya dalam forum ini anda kurang menjelaskan secara detail keluhan yang anda alami serta gejala yang menyertainya.

    Secara umum ada beberapa kemungkinan penyebab keluhan rasa tak nyaman di dada yaitu antara lain:

    1. Spasme otot dada di bagian sela – sela tulang rusuk sering menyebabkan rasa kaku bahkan nyeri pada dada. Rasa nyeri bisa terjadi juga saat pasien menarik napas dalam.
    2. GERD atau gastroesofageal refluks disease juga menjadi salah satu penyebab nyeri dada. Hal ini terjadi karena asam lambung yang meningkat dan naik hingga ke tenggorokan sehingga menyebabkan keluhan rasa tak nyaman di bagian dada dan kadang juga dirasakan seperti adanya rasa panas atau terbakar di dada.
    3. Penyebab lain

    Silakan anda memeriksakan diri secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan atau pun penunjang yang diperlukan untuk memastikan penyebab keluhan anda. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    Kenali Penyebab Nyeri Dada yang Anda Alami

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu,

     

Beranda Tanya Dokter Keluhan Tentang Dada Terasa Kaku dan Pegal pada Dada Kanan dan Kiri

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.