• ekamaya

    Selamat pagi dok, mohon bantuan

    Saya mengalami demam dan sakit kepala serta tenggorokan yang agak sakit, dan seperti akan flu, namun dahak belum dapat banyak keluar. Hal ini terjadi setelah saya banyak makan jajanan dengan micin dan perasa tinggi.

    Demam dan sakit kepala sangat terasa di 2 hari pertama, sedangkan 3 hari kemudian (saat ini), demam tidak tinggi, dan terkadang suhu tubuh normal. Saya memang memiliki riwayat mudah terserang radang tenggorokan.

    Namun, biasanya tenggorokan saya sangat sakit untuk menelan, dan demam hanya 2 harian. Tetapi kali ini tenggorokan tidak sakit seperti biasanya dan demam naik turun hingga 5 hari, namun memang dahak susah sekali keluarnya.

    Mohon penjelasan dok, apakah demam ini juga dapat disebabkan karena radang tenggorokan. kebanyakan micin (saya biasanya tidak pernah makan micin, kemarin sedang khilaf dok) sehingga disertai sakit kepala?

    Terimakasih banyak atas penjelasannya

    wanita, 25 tahun, berat 52 kg, tinggi 158 cm

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan nyeri tenggorokan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan nyeri tenggorokan banyak sekali menjadi keluhan yang dialami oleh beberapa individu. Penyebabnya beraneka ragam, yang paling sering karena infeksi di saluran napas.

    Namun penyebab infeksinya bisa karena berbagai macam mikroorganisme baik virus, bakteri atau mikroorganisme lainnya. Keluhan nyeri tenggorokan pada penyakit infeksi bisa disertai dengan keluhan demam, sakit kepala, badan linu dan lain sebagainya.

    Nyeri tenggorokan bisa terjadi karena adanya gangguan pada:

    • Faring. Infeksi pada faring disebut faringitis. Keluhan yang muncul berupa rasa nyeri saat menelan. Pada pemeriksaan fisik diketahui faring tampak kemerahan.
    • Laring bisa mengalami infeksi yang disebut sebagai laringitis. Gejala yang muncul bisa juga  berupa suara serak. Laringitis bisa terjadi bersamaan dengan faring. Dari pemeriksaan fisik, laring akan terlihat kemerahan .
    • Tonsil atau amandel bisa mengalami infeksi dan disebut tonsilitis. Gejala yang muncul juga bisa berupa rasa nyeri saat menelan. Dari pemeriksaan fisik diketahui adanya pembesaran amandel, kemerahan dan lainnya.

    Penyakit – penyakit di atas biasanya terkait dengan daya tahan tubuh pasien yang menurun, kebiasaan makan makanan yang kurang bersih, kurang asupan cairan, merokok, pekerjaan yang membutuhkan suara terus menerus seperti penyanyi dan guru atau karena  pencetus lainnya.

    Untuk memastikan apa yang sedang anda alami perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik dengan pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang jika diperlukan. Tatalaksana tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Tenggorokan Sakit Saat Menelan? Ini Penyebab dan Obatnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Keluhan Tentang Demam, Flu, dan Sakit Tenggorokan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.