• tri chandra

    Dokter, Saat ini saya sedang mengalami gatal pada sela-sela jari kaki saya yang disebabkan karena kutu air. sudah lebih dari sebulan saya merasakan gatal.

    Sudah 2 kali juga saya berobat di klinik dekat tempat tinggal saya. pertama saya dikasih salep miconazole, hampir membaik tapi kambuh lagi. yang kedua saya menggunakan salep fungiderm tapi belum juga membaik.

    Tolong berikan saran kepada saya agar gatal pada sela-sela jari kaki saya lekas membaik. terima kasih dokter sebelumnya

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan gatal di sela jari kaki. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pertama – tama yang harus dipastikan adalah penyebab keluhan gatal tersebut. Sebagai informasi untuk anda banyak penyakit kulit yang mirip satu dengan lainnya sehingga jika salah diagnosis malah akan memperluas keluhan tersebut.

    Kelembaban yang tinggi merupakan salah satu penyebab keluhan gatal pada sela jari kaki, apalagi letak bagian ini yang tersembunyi dan berlipat makin meningkatkan kelembaban dan juga mudah kotor. Hal ini akan meningkatkan keluhan gatal.

    Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan gatal pada sela jari kaki yaitu antara lain:

    1. Infeksi jamur, misalnya akibat tinea ataupun candidiasis sering sekali menimbulkan keluhan gatal pada daerah – daerah tertentu terutama pada daerah yang lembab  seperti sela jari kaki.
    2. Dermatitis kontak alergi atau iritan juga bisa menyebabkan keluhan gatal pada sela jari kaki. Biasanya ada faktor pencetus yang menyebabkan keluhan ini seperti penggunaan sabun tertentu yang menimbulkan iritasi ataupun alergi.
    3. Infeksi parasit misalnya skabies juga bisa menyebabkan keluhan gatal pada sela jari. Biasanya penyakit ini juga menyebar ke anggota keluarga yang tinggal serumah.
    4. Penyebab lainnya

    Tatalaksana yang diberikan harus berdasarkan penyebab pastinya. Pengobatan tak boleh sembarangan karena malah bisa memperluas keluhan.

    Jika karena jamur maka perlu diberikan anti jamur, namun jika karena dermatitis alergi dapat diberikan krim kortikosteroid.

    Namun pastikan dulu penyebab pastinya dan jangan sekali – kali asal menggunakan obat jika tidak mau keluhan malah makin meluas.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan atau pun penunjang yang dibutuhkan untuk menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami.

    Obat Gatal Kulit Paling Ampuh di Apotek

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Keluhan Tentang Gatal Karena Kutu Air

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.