• fath

    Selamat malam dok…

    Saya mau tanya tentang  kulit saya tiba-tiba ada bulatan merah disekitar perut yang tidak lama menghitam, tetapi tidak terasa gatal atau terbakarbercak-bercak hitam sisa setelah memerah

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang bercak hitam pada kulit. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Perubahan warna pada kulit merupakan keluhan yang cukup mengganggu dan kadang menimbulkan ketidakpercayaan diri pada individu yang mengalaminya.

    Perubahan warna kulit ini bisa dalam bentuk timbulnya bercak merah, bercak putih atau bercak kehitaman pada kulit. Pada kasus yang anda alami dimana terdapat bercak/ bintik hitam pada kulit perut  bisa terjadi karena bebarapa hal.

    Bercak hitam ini muncul karena pigmen melanin yang berlebihan pada kulit sehingga menimbulkan keluhan tersebut bisa muncul.

    Ada banyak penyebab keluhan ini yakni antara lain karena paparan sinar ultraviolet dari matahari yang tinggi, flek atau melasma pada kulit, nutrisi pada kulit yang tidak baik (misal kurang asupan vitamin C dan juga vitamin B 12), adanya penyakit yang mendasari nya misalnya karena penyakit genetik (contoh: anemia fanconi), gangguan hati, dan masih banyak lagi.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Gatal dan Bintik Hitam pada Tubuh

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Keluhan Tentang Kulit Tiba – Tiba Memerah di Sekitaran Perut

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.