• Putra utama

    Assalamualaikum begini dok di dahi saya tumbuh seperti panu tapi bukan karena tidak gatal. Bentuknya belang-belang kecil dan timbul, lebih parah kalau lagi berkeringat belang-belang berubah menjadi warna putih dan seperti berisi air. Mohon solusinya dok, sudah keliling klinik tapi engggak ada perubahan, biayanya juga mahal.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bercak putih pada kulit. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Penyakit kulit biasanya memiliki gambaran klinis yang mirip antara penyakit satu dengan lainnya. Begitu pun dengan keluhan bercak putih pada kulit yang anda alami. Penyebab keluhan ini ada beberapa hal antara lain karena:

    • Tinea versikolor merupakan salah satu penyebab keluhan bercak putih, biasanya terasa gatal. Penyakit ini disebut juga sebagai panu dan disebabkan oleh jamur.
    • Pitiriasis alba merupakan penyakit kulit dengan keluhan bercak putih yang tidak terasa gatal. Penyebab pastinya belum jelas, namun sering dikaitkan dengan sinar matahari yang terus menerus mengenai kulit.
    • Morbus hansen atau kusta juga menyebabkan keluhan bercak putih yang disertai keluhan rasa baal pada daerah bercak putih tersebut.
    • Vitiligo juga merupakan penyakit yang berhubungan dengan genetika yang menyebabkan keluhan bercak putih. Tidak ada keluhan gatal, baal atau keluhan lain yang menyertai.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang yang sesuai guna menegakkan diagnosis penyakit yang anda alami. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Obat Jamur Kulit di Apotik Paling Ampuh (Krim & Tablet)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Keluhan Tentang Masalah Kulit Wajah Berwarna Belang Belang

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.