• Zulfa sofwatun

    Selamat siang dok, salam kenal nama saya zulfa, saya mau tanya. Suami saya mengidap penyakit lymphadenitis tuberculosis, kemarin sudah cek ke dokter dan katanya itu positive tbc.

    Yang mau saya tanya kan adalah berapa persen kemungkinan penyakit ini menular kepada saya dan anak saya? Anak saya masih 4 tahun dan 1 tahun belakangan dia suka terserang demam dan batuk.

    Demam yang dia alami paling lama satu minggu tapi batuk nya suka lama. Paling cepat 2 minggu dan kadang di malam hari dia suka mendengkur. Apa dia memang sudah tertular atau bagaimana?

    Tolong di jawab ya dok. Terimakasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan limfadenitis TBC. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Pada dasarnya semua manifestasi infeksi kuman TBC di organ manapun bersifat dapat ditularkan. Hanya memang TBC paru lah yang sangat menular dibandingkan TBC pada organ lainnya.

    Namun tetap saja orang yang tinggal serumah dengan pasien TBC relatif lebih mudah tertular akibat kontak yang terus menerus dengan pasien ini.  Limfadenitis tuberkulosis (TBC) atau TBC kelenjar merupakan infeksi bakteri Micobacterium tuberculosis yang mengenai kelenjar getah bening.

    Gejala TBC kelenjar antara lain antara lain berupa benjolan pada leher, demam tanpa sebab yang jelas dalam 1 bulan terakhir terutama saat malam hari, penurunan berat badan dan lain sebagainya.

    Pengobatan pasien yang baru pertama kali mengalami TBC kelenjar adalah dengan minum obat antituberkulosis selama minimal 6-9 bulan berturut – turut tanpa henti.

    Jika terjadi kasus putus obat maka perlu dilakukan pengobatan ulang. Untuk orang yang tinggal serumah terutama pada anak perlu diberikan obat TBC antiprofilaksis untuk pencegahan.

    Silakan konsultasi dengan dokter terutama dokter anak untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan yang sesuai bagi anak anda.

    Ciri-Ciri Penyakit TBC (Tuberkulosis)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.


    Zulfa sofwatun

    Terimakasih dok atas jawabannya.. saya mau bertanya lagi, saat ini saya sedang mengandung anak ke dua. Usia kandungan saya sudah memasuki 4, apakah bayi dalam kandungan saya juga beresiko tertular?

    Mohon di jawab kembali, terimakasih

Beranda Tanya Dokter Keluhan Tentang Penyakit Lymphadenitis Tuberculosis

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.