• Ajeng

    Salam dok,  saya mau tanya Kemarin saya sakit mata dan pernah ke dokter katanya itu iritasi karena cuaca dan diberi obat protagenta, floxa, dan axamed.

    Tapi sakit mata itu terus berlanjut yang saya cek kolesterol dan kolesterol nya itu 285 Maksud saya itu mau bertanya benar enggak kalau mata itu ada ada hubungannya sama mata dan saya itu juga suka main HP misalnya dari jam 06.00 sampai jam 12.00 pokoknya itu ya dok enggak bisa jauh dari HP menurut dokter Apa saya harus beli kacamata?

    Terimakasihh

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan sakit mata. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Sebenarnya keluhan yang anda sampaikan masih kurang jelas. Sakit mata seperti apa yang anda alami? Apakah berupa mata merah, ataukah terasa perih, mengganjal, penurunan penglihatan atau seperti apa? Untuk keluhan mata merah  sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal antara lain sebagai berikut:

    • Iritasi pada mata akibat terkena debu, asap kendaraan bermotor dan lain sebagainya
    • Konjungtivitis atau infeksi pada konjungtiva bisa menyebabkan keluhan mata merah disertai keluhan lainnya misal mata berair, timbulnya belek, perih pada mata, mata terasa berpasir/ seperti kelilipan, hingga rasa tak nyaman pada mata. Tidak ada keluhan penurunan penglihatan pada penyakit ini. Penyebab infeksi bisa karena bakteri, virus ataupun mikroorganisme lainnya.
    • Keratitis atau infeksi pada kornea. Keluhan yang muncul bisa berupa mata merah, dan gejala mirip konjuntivitis . Namun disertai juga dengan keluhan penurunan penglihatan. Keratitis bisa terjadi bersamaan dengan konjungtivitis sehingga disebut keratokonjungtivitis.
    • Mata lelah akibat melakukan pekerjaan terus menerus misal membaca dalam waktu lama, melihat layar monitor ataupun HP terlalu lama dan sebagainya
    • Penyebab lainnya

    Perlu dipastikan apakah keluhan sakit mata yang anda alami benar – benar berasal dari salah satu penyebab di atas atau karena sebab lainnya.

    Untuk memastikannya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter spesialis mata baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang jika memang dibutuhkan.

    Terapi tergantung dari penyebab keluhan sehingga dalam forum ini saya tidak bisa meresepkan jenis obat tertentu pada anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    12 Penyebab Mata Pedih, Merah, dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Keluhan Tentang Sakit Mata yang Tak Kunjung Sembuh

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.