• Dear dokter ,

    Dok, anak saya sedang batuk pilek dan tiap malam pasti telapak kakinya dingin sekali sehingga anak saya mengeluh dan tak bisa tidur..beberapa hari sebelum batuk menyerang, mulai lah telapak kaki dingin seperti itu..kalo di siang har , telapak kaki anak saya hanya berkeringat dingin..

    kira – kira mengapa ya dok ?

     

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Telapak kaki ataupun tangan yang dingin bisa dialami oleh beberapa individu, bisa karena reaksi normal tubuh ataupun juga karena penyakit tertentu. Beberapa penyebab keluhan ini antara lain:

    1. Pengaruh psikosomatis. Telapak tangan atau kaki dingin sering terjadi pada individu yang mudah gugup dan cemas. Individu seperti ini sering sekali mengalami stress akibat kondisi yang dihadapinya, misal saat individu tersebut masuk ke lingkungan baru dan lain sebagainya.
    2. Karena udara yang dingin misalnya karena AC atau malam hari bisa menyebabkan kedinginan pada telapak kaki
    3. Dehidrasi atau kurang cairan misalnya karena demam yang sangat tinggi bisa menyebabkan telapak kaki dan tangan dingin.
    4. Penyebab lain

    Jika keluhan hanya berupa telapak kaki atau tangan dingin tanpa disertai keluhan lain seperti demam, nyeri dan lain sebagainya, maka sebenarnya tak perlu pengobatan khusus. Namun jika keluhan sangat mengganggu ataupun disertai keluhan lainnya maka perlu dilakukan pemeriksaan diri secara langsung ke dokter.

    Penyebab Telapak Kaki Dingin dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kenapa Anak Saat Malam Telapak Kakinya Dingin?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.