• Novi Angels

    Selamat Pagi dok. 

    Saya menikah sudah 4 tahun. Bulan februari kemaren. Haid terakhir saya tgl 23 February 2018. Sampai skrg saya tidak haid. Di testpack tgl 7 April 2018 waktu bangun tidur A Alhamdulillah 2 garis sangat terang  (+) lalu besoknya lagi saya cek masih (+) . hari Minggu pagi keluar flek flek coklat. Waktu Senin fleknya agak banyak sampai malamnya saya pakai pembalut karena yang keluar darah seperti haid.

    * Selasa pagi keluar bulat bening seperti kelereng, tetapi lembut kenyal. Jelang waktu 1 jam keluar lagi darah seperti daging campur warna ada abu2 sedikit ada merah agak besar seperti jempol tangan. Sampai sekarang saya masih keluar darah seperti haid tiap bulannya

    * Tetapi dok saya heran semalam Rabu pagi pas bangun tidur saya testpack masih ada 2 garis agak samar.

    Yang ingin saya tanyakan

    * Mengapa saya begini ??

    * Apakah saya masih hamil.

     

    Terimakasih dok atas jawabannya

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang flek saat kehamilan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan flek yang dialami oleh wanita memang sering sekali dikeluhkan. Keluar flek atau bercak – bercak kecoklatan bisa muncul dalam beberapa keadaan, misalnya tidak lama setelah haid selesai, saat kehamilan muda, dan lain sebagainya. Keluhan flek yang anda alami saat kehamilan muda terjadi karena banyak hal. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyeba spotting atau flek yang mungkin terjadi yaitu antara lain sebagai berikut:

    1. Flek sering terjadi pada wanita akibat perubahan kadar hormonal yang terjadi pada saat stress psikis, menjalani aktivitas fisik yang berat, kurangnya istirahat hingga gejala pramenopause.
    2. Infeksi pada organ reproduksi, baik pada ovarium, uterus atau rahim, serviks hingga vagina
    3. Akibat berhubungan saat kehamilan.
    4. Tanda awal keguguran (abortus). Jika keguguran terjadi flek akan berubah menjadi bercak merah disertai keluarnya jaringan dan juga adanya rasa nyeri di perut.
    5. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun penunjang. Penanganan yang diberikan tergantung penyebab keluhan anda.

    Keluar Flek Saat Hamil, Berbahayakah?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.


    Novi Angels

    Terimakasih dok atas jawabannya.

    Dok sampai sekarang saya masih mengeluarkan darah seperti haid. Dan memang di darah tersebut ada jaringan darah merah maroon tetapi kalau di pencet hancur. Dan kadang2 perut bawah keram.  Tetapi yang saya heran di testpack pagi hari masih 2 garis.

    Saya sekarang lagi minum vitamin dikasih Bidan tinggal 2 biji. 1 biji /hari.

    Apakah saya habisin dulu obat tersebut ??

    Atau saya segera ke doktor untuk cek.

    Tetapi jarak tempuh  ke tempat doktor bisa 30 s/d 45 menit dok.

     

    Terimakasih untuk jawabannya

Beranda Tanya Dokter Kenapa Keluar Darah Saat Hamil?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.