• Dokter saya ibu dengan anak umur 2 tahun. saya sekarang sedang menjalani diet…..karena anak saya sudah selesai ASI nya. kebetulan saya diet mayo dokter, nah entah kenapa kok jadi BAB gak teratur.

    Biasanya BAB setiap hari, ini jadi 2 atau 3 hri sekali.dan fesesnya keras sekali dokter.sampai sakit untuk mengeluarkan fesesnya. padahal saya buah juga banyak…..minum air putih pun juva banyak.
    dan anehnya lagi…..pagi ini feses masih keras sehingga mau keluar susah sekali sampai sakit rasanya dok. saya sampai mau menangis. akhirnya bisa keluar itupun saya bantu dengan menekan pelan2 sisi2 nya. dan setelah berhasil keluar, fesesnya sangat keras dok….dan diikuti dengan darah segar. kira2 kenapa ya dokter?

    biasanya tidak seperti itu?saya takut sekali.sampai sekarang rasanya anus masih perih dan sakit.mohin bantuannya dokter.dan terimakasiha

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Gangguan buang air besar sering kali dialami oleh beberapa individu. Keluhan yang sering muncul umumnya berupa BAB berulang atau diare, BAB berdarah atau keluhan susah BAB atau sembelit. Keluhan susah BAB atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai konstipasi bisa disebabkan banyak hal, salah satunya akibat kurangnya serat dalam asupan makanan anda dan juga kurangnya cairan yang anda konsumsi. Sebaiknya anda memperhatikan kecukupan sayur dan buah serta asupan cairan selama anda melakukan diet mayo tersebut untuk menghindari terjadinya konstipasi.

    Feses yang keras akan membuat anda sulit untuk mengeluarkannya sehingga harus mengedan dengan kuat guna mengeluarkan feses tersebut. Sayangnya hal ini akan menimbulkan dampak kesehatan lainnya berupa ambeien atau wasir. Gejala awal ambeien berupa keluarnya darah dari anus saat BAB. Jika hal ini terus – menerus berulang maka lama kelamaan ambeien akan semakin berlanjut hingga keluar benjolan dari anus.

    Ada baiknya anda menjaga asupan makanan anda dengan memperbanyak makanan mengandung serat, perbanyak konsumsi air putih, hindari kebiasaan menahan BAB, serta perbanyak olahraga. Selain itu bisa diberikan obat anti hemoroid untuk meredakan pembuluh darah anus yang melebar. silakan periksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosis keluhan yang anda alami dengan dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan serta mendapat terapi yang tepat.

    Cara Tuntas Mengobati Ambeien (wasir atau Hemoroid)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

    trimakasih dokter atas jawabannya.berarti belum tentu ini ambeien atau wasir ya.yang perlu sya perhatikan berarti seberapa asupan yang sya masukkan.
    oh iya dokter ini sampai sekarang rasanya masih perih dan sakit di anus.
    kira2 obat apa yang harus sya minum?
    trimakasih dokter

Beranda Tanya Dokter BAB Keras Sudah Keluar, Setelah Keluar Disertai Darah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.