• Reni Oktavia

    Dok, saya maw tanya … Saya sedang hamil 6 Minggu … Saya sering Sakit perut  seperti sumilangen, Kira kira itu kenapa ya dok …??

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan sakit perut saat hamil. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Sakit perut bisa disebabkan oleh banyak hal. Sayangnya dalam forum ini anda kurang menjelaskan secara detail karakteristik rasa nyeri yang anda alami. Sakit perut yang terjadi bisa terkait dengan kehamilan namun bisa juga karena hal yang berbeda. Sakit perut saat hamil bisa terjadi karena hal normal atau karena gangguan saat kehamilan. Sakit perut yang termasuk normal selama hamil hanya berupa kram perut dengan intensitas nyeri yang ringan dan hanya berlangsung selama awal kehamilan saja karena rahim yang meregang dan pengaruh hormonal. Sakit perut yang tidak normal selama hamil akan berlangsung sangat hebat dan disertai gejala lainnya misalnya keluar darah dari kemaluan. Penyebabnya bisa karena keguguran, hamil di luar kandungan dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Penatalaksanaan terkait kondisi anda harus disesuaikan dengan penyebab keluhan itu sendiri.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Ngeflek dan Sakit Perut Saat Hamil Muda, Apakah Tanda-tanda Keguguran?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kenapa Sakit Perut Saat Hamil?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.