• Emnat

    Dok mau tanya anak saya berumur 2.5 tahun terkena ymphangioma dan sudah menjalani operasi. Pacsa operasi bekas operasinya mengalami pembekalan apakah itu wajar atau bagai mana dok dan penanganan Pacsa operasi apa yang harus saya lakukan.. Terimakasih banyak dok..

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bengkak pasca operasi. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Setiap tindakan medis pasti memiliki risiko kesehatan yang dapat muncul, termasuk tindakan pembedahan atau operasi limfangioma.

    Namun sebenarnya frekuensi timbulnya resiko atau komplikasi ini bisa ditekan sehingga tidak terlalu sering terjadi dengan beberapa upaya. Komplikasi yang muncul setelah prosedur operasi antara lain mulai dari alergi terhadap obat anestesi, perdarahan, infeksi hingga timbul nyeri dan bengkak pasca operasi.

    Secara umum untuk mengurangi bengkak sesudah operasi dapat dilakukan dengan beberapa berupa antara lain :

    1. Melakukan pengompresan dengan air dingin atau es pada area yang bengkak untuk mengurangi inflamasi atau peradangan dan bengkak yang muncul.
    2. Istirahatkan bagian tubuh yang bengkak dan jangan melakukan aktivitas berat atau terlalu memforsir bagian tubuh tersebut dalam melakukan aktivitas.
    3. Jika bengkak belum berkurang dengan cara – cara di atas, maka dapat digunakan obat anti inflamasi yang berperan untuk mengurangi bengkak/ inflamasi dan nyeri yang muncul.

    Namun sebenarnya ada baiknya jika anda memeriksakan terlebih dahulu kondisi anda ke dokter yang menangani anda sebelumnya untuk memastikan bahwa bengkak yang terjadi bukan karena sebab yang lebih serius lainnya.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    7 Penyakit Kelenjar Getah Bening Beserta Ciri-cirinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Kenapa Setelah Operasi Lymphangioma Bekas Operasinya Membengkak

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.