• Selamat malam dokter,

    Saya mau bertanya soal penyakit yang saya derita.

    Awalnya hari 1-2 saya demam dan ada batuk pilek. Hari ke-1 saya masih aktivitas seperti biasa, dan mulai demam di siang hari. Dan di Hari ke-2 saya beristirahat total di rumah dengan minum obat paracetamol.

    Hari ke-3 saya sudah tidak demam, tetapi di tenggorokan terasa gatal/tidak nyaman dan batuk batuk. Dan saat batuk batuk saya merasa ritme detak jantung saya enggak normal. Apakah karena saat sakit batuk saja? Atau ada hal lain?

    Saya jarang sekali batuk-pilek, saat kondisi sehat, ritme detak jantung saya normal. Tapi terkadang saat batuk suka ada waktu tertentu ritme-nya berubah.

    Saya pun konsul ke dokter umum untuk keluhan batuk saya. Dan ada radang tenggorokan. Saya diberi obat Cefixime 200 mg 2 x 1, methylprednisolone 4 mg 3 x 1, Sanadryl 2 x 1.

    Mohon info lebih lanjut dari dokter, perihal ritme detak jantung yang berubah akibat batuk tersebut, apakah itu kondisi umum dan wajar? Atau memang ada kelainan?

    Terima kasih dokter..

     

     

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com. tentang batuk ,irama detak jantung tidak normal,saya dokter dina akan berusaha menjawab nya.

    Batuk sebenarnya merupakan suatu respon normal tubuh ketika ada benda asing yang masuk ke saluran napas misalnya adanya debu, lendir yang diproduksi akibat infeksi dan masih banyak lagi.

    Batuk jika berlangsung terus menerus dapat membuat detak jantung menjadi lebih cepat akibat tekanan yang meningkat di rongga dada. Namun biasanya iramanya reguler atau teratur.

    Pada kasus anda perlu dipastikan terlebih dahulu apakah yang dimaksud ritme detak jantung yang tidak normal adalah memang benar atau tidak.

    Selain itu perlu dipastikan apakah hanya berupa detak jantung yang meningkat frekuensi nya ataukah iramanya yang tidak teratur. Oleh karena itu anda perlu memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan nya.

    Penyebab keluhan batuk sendiri ada beberapa macam antara lain karena:

    • Iritasi pada saluran napas. Beberapa kondisi yang mencetuskan keadaan ini antara lain karena alergi, asap rokok, debu dll.
    • Aspirasi benda asing. Masuknya makanan atau minuman pada saluran napas bisa menyebabkan keluhan batuk.
    • Infeksi bakteri menjadi salah satu kemungkinan penyebab tersering. Akibat infeksi bakteri, pasien akan mengalami batuk. Jika berdahak, maka akan terjadi perubahan warna pada dahak nya. Biasanya disertai keluhan demam.
    • Infeksi virus. Mikroorganisme ini bisa menyebabkan keluhan batuk, pilek hingga demam.
    • Dan lain sebagainya

    Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai.

    Detak Jantung Normal


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kenapa ya Saat Batuk, Detak Jantung Tidak Normal

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.